Portal Indonesia
Habibie

Desa Bandungrejo Purworejo Dapat Bantuan Alat Pengolah Sampah

berita terkini
Saat penyerahan bantuan oleh Anggota Komisi X DPR RI, Bambang Sutrisno (kanan)
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, PURWOREJO -Desa Bandunrejo Kecamatan Bayan Kabupaten Purworejo Jawa Tengah mendapat bantuan mesin pengolah sampah dari Pemerintah Pusat melalui Program Penerapan Teknologi Tepat Guna (PPTG) dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI yang bekerjasama dengan ITY (Institut Teknologi Yogyakarta).

Penyerahan bantuan alat secara simbolis diberikan oleh anggota Komisi X DPR RI, Bambang Sutrisno kepada Maman selaku kepala Desa Bandungrejo, di aula desa setempat, Senin (26/8/2019).

Di sela sela acara Bambang Sutrisno yang merupakan DPR RI dari Partai Golkar meyampaikan bahwa ini merupakan kegiatan terakhir melakukan sosialisasi proses pengolahan sampah di Desa Bandungrejo Kecamatan Bayan dan untuk menyerahkan alat untuk membantu pengelolaan sampah di desa ini.

"Sebenarnya program ini program yang tertunda, dengan acara ini saya sangat bangga sekali", ungkapnya. 

Kata Bambang, dirinya hanya meneruskanan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat khususnya di Dapil Purworejo ini yang pernah menyatakan bahwa masalah di daerah ini adalah sampah.

Kita membayangkan misalnya kita untuk membangun rumah tidak ada tempat sampahnya, itu akan menjadi masalah antara rumah satu dengan rumah sebelahnya. Kalau tidak ada komunikasi soal sampah itu bisa jadi masalah. Apalagi se-RT se-Desa dan se-Kabupaten bisa menimbulkan masalah. Sebagai contoh di Jawa Barat itu sampah menjadi bencana.

Lanjut Bambang, mulailah dari rumah tangga, kita bisa memilah-milah sampah sehingga sampah keluar sudah bisa terarah karena kalau kita kelola sampah dengan serius maka akan menjadi income balik buat keluarga kita dan khususnya untuk masyarakat.

"Mudah-mudahan dengan adanya bantuan alat pengelolaan sampah bisa membantu masyarakat desa ini. Harapan saya, setelah saya tinggalkan Dapil Purworejo ini, nanti sampah bisa benar benar manjadi inkam balik buat masyarakat," katanya. 

Sementara menurut Dr. H  Nasirudin M.Sc, bahwa kunci untuk sukses di bidang sampah yaitu dengan cara memisah misahkan sampah dengan baik karena dari segi pemasaran atau penerimaan sampah perusahaan-perusahaan besar akan menerima dengan harga yang sesui juga.

"Ke depan pemasaran sampah harus membangun kerjasama dengan perusahaan-perusahaan besar," pungkasya.

Reporter : Fauzi
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Mahasiswa Unimal KKN-PPM di Kutamakmur, Ini Harapan Ketua KOMPAK
Berita Selanjutnya Giat Pelatihan Life Skill Dinilai Tak Tepat Sasaran, Berikut Tanggapan Pihak BRA Pusat 

Komentar Anda