Portal Indonesia
Habibie

Camat Bersama FKKS Kecamatan Mlandingan Kunjungi Warga Eks ODGJ

berita terkini
Camat Mlandingan saat memberikan paket sembako kepada ODGJ
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, SITUBONDO - Sebanyak 3 orang eks orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) di Kecamatan Mlandingan, Kabupaten Situbondo Jawa Timur, menerima bantuan paket sembako, Rabu (28/08/19).

Penyerahan bantuan paket sembako ini termasuk rangkaian kegiatan di HUT ke-74 Republik Indonesia, serta juga merupakan kegiatan rutin setiap 4 bulan sekali yang dilakukan oleh lintas sektor, FKKS, serta PKM Kecamatan Mlandingan. 

"ODGJ means orang dengan gangguan jiwa mereka dulu pernah dirawat di Puskesmas jiwa Kecamatan Mlandingan tapi dengan seiringnya waktu karena sembuh jadi di kembalikan ke keluarga. Namun demikian aktivitas mereka tetap kita pantau baik dari rutinitas priksa, pola istirahat, bersosialisasi dengan lingkungan", kata Camat Mlandingan Iddha Arum Bawana. 

Selain itu menurutnya, penyaluran paket sembako yang berisi beras, mie instan, minyak, gula, teh dan kopi juga masih dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Bangsa Indonesia yang ke-74. "Karena analisis dari kajian medis, kajian sosial, agar bisa mereka berfungsi sosial kembali, artinya bahwa, ODGJ atau yang eks ODGJ bisa diterima dengan baik oleh keluarganya, minimal itu", imbuhnya. 

Meski demikian, lintas sektor FKKS serta PKM Kecamatan Mlandingan, hanya bisa membantu sesuai kemampuan dan kapasitasnya, misalnya memberikan motivasi dan penghiburan kepada keluarga agar tidak berkecil hati karena ada anggota keluarga yang menderita ODGJ.

"Harapannya, mereka bisa diterima di keluarga dan masyarakat. Sebab, hingga saat ini masih banyak keluarga menutup diri ketika memiliki anggota keluarga penyandang ODGJ", pungkasnya 

Reporter : Arief Yuda Pranata
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Operasi Patuh Semeru 2019, Satlantas Polres Situbondo Razia Kendaraan Anggota Polri
Berita Selanjutnya Hari Santri, OTT KPK dan Pilkada

Komentar Anda