Portal Indonesia
Habibie

Operasi Patuh Semeru 2019 di Kabupaten Situbondo Mulai Digelar

berita terkini
Wakapolres Situbondo Kompol Iswahab SH saat memimpin apel gelar pasukan Iperasi Patuh Semeru 2019
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, SITUBONDO - Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat tertib lalu lintas dan mentaati setiap rambu-rambu lalu lintas serta menekan angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Situbondo, operasi Patuh Semeru 2019 akan digelar selama 14 hari, dari tanggal 29 Agustus hingga 11 September 2019. 

Sebelumnya, di halaman depan Polres Situbondo digelar apel gelar Pasukan Operasi Patuh Semeru tahun 2019, Rabu (29/8/2019). Apel ini dipimpin langsung oleh Wakapolres Situbondo Kompol Iswahab, dan dihadiri Bupati Situbondo H. Dadang Wigiarto SH, Ketua Pengadilan Negeri Situbondo, Kajari Situbondo Nur Slamet SH, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Situbondo, Kasdim 0823 Situbondo dan tamu undangan lainnya.

Wakapolres Situbondo Kompol Iswahab SH membacakan amanat Kapolda Jatim Inspektur Jendral Polisi Drs. Luki Hermawan MSi mengatakan, operasi Patuh Semeru 2019 merupakan salah satu upaya Polda Jatim dalam rangka meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas guna mewujudkan kamseltibcar lantas yang mantap dengan mengedepan preemtif dan preventif.

“Dalam operasi Patuh Semeru 2018 di Kabupaten Situbondo, angka pelanggaran lalu lintas dan laka lantas mengalami peningkatan dibanding tahun 2017 dimana angka pelanggaran naik sebesar 15,83 persen dan laka lantas naik 15 persen. Hal ini terjadi, selain volume peningkatan kendaraan juga kurangnya kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas dan melanggar aturan lalu lintas,” jelasnya. 

Wakapolres menambahkan, operasi Patuh Semeru tahun 2019 sasarannya, yakni pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm SNI, melawan arus lalu lintas, menggunakan handphone saat berkendara, berkendara dengan pengaruh alkohol, berkendara melibihi batas kecepatan, pengendara anak di bawah umur, pengendara mobil tidak menggunakan sabuk pengaman, dan menggunakan lampu rotator atau strobo.

"Dengan dilaksanakan operasi Patuh Semeru 2019, saya berharap masyarakat semakin patuh berlalu lintas, sehingga bisa menekan angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Situbondo", imbuhnya. 

Pantauan Portalindonesia.net, apel operasi Patuh Semeru 2019, melibatkan 66 personal Polres Situbondo, satu regu Subdenpom/V Situbondo dan satu pleton Dishub Situbondo.

Reporter : Arief Yuda Pranata
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Tiga Rumah di Panji Lor Dilalap Api, Kerugian Ditaksir 125 Juta 
Berita Selanjutnya Giat Pelatihan Life Skill Dinilai Tak Tepat Sasaran, Berikut Tanggapan Pihak BRA Pusat 

Komentar Anda