Portal Indonesia
Habibie

Peduli HIV/AIDS, UPT Puskesmas Banyuglugur dan LPM Merak Gelar Sosialisasi ODHA

berita terkini
Foto bersama pegiat GEMPITHA dan LPM MERAK
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, SITUBONDO - UPT Puskesmas Banyuglugur melalui Gerakan Masyarakat Peduli Terhadap HIV/AIDS (Gempitha) bersama Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Merangkul Rakyat Kecil (LPM Merak) yang dibina langsung oleh Wakil Bupati Situbondo Ir. H. Yoyok Mulyadi, M.Si yang populer dipanggil Ji Yoyok, mengadakan sosialisasi ODHA (Orang dengan HIV/AIDS) di Aula UPT Puskesmas Banyuglugur, Kabupaten Situbondo, Kamis (29/08/2019).

Dalam sosialisasi ODHA ini menghadirkan narasumber dari Yayasan Pusakha Banyuwangi dan sebagian penyandang HIV/AIDS yang berada di Kecamatan Banyuglugur.

Ketua Yayasan Pusakha Banyuwangi, Muhammad Hamid mengapresiasi upaya GEMPHITA dan LPM MERAK karena peduli terhadap ODHA maupun ADHA (Anak dengan HIV/AIDS).

Namun menurut Muhammad Hamid, masih banyak masyarakat belum tahu bagaimana cara mengatasi HIV/AIDS dan pencegahanya. "Sehingga perlu melakukan sosialisasi dan edukasi terhadap masyarakat secara berkesinambungan," ungkapnya.

Dalam acara ini, Ketua LPM Merak Kamarul Muniri mengatakan pihaknya selain memiliki program Operasi Mata katarak, RTLH dan bantuan sosial lainnnya, juga memiliki program peduli terhadap Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) maupun anak dengan HIV/AIDS (ADHA). "Ini bukan masalah kesehatan saja, tapi juga masalah sosial," ujarnya.

Sementara Jaka selaku pegiat Gempitha menyarankan dalam materi kampanye yang bisa diviralkan di media sosial, selain tentang pengobatan dan pencegahan HIV/AIDS, juga harus mengajak masyarakat untuk memberi dukungan bagi ODHA dan ADHA.  "Ini penting karena hanya dengan dukungan banyak pihak, ODHA dan ADHA bisa menjalani pengobatan maksimal," katanya.

Selanjutnya pada acara penutupan dalam kegiatan ini, Kepala UPT Puskesmas Banyuglugur, H. Zainuddin, S.Kep,Ners, menyampaikan ucapan terima Kasih kepada semua elemen yang telah membantu sehingga kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik dan lancar.

"Pengendalian, pencegahan HIV/AIDS dan Kepedulian terhadap ODHA adalah tanggung jawab kita bersama," tutupnya. 

Reporter : Muhidin
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Cabuli Anak Dibawah Umur, Dua Remaja di Probolinggo Diringkus Polisi
Berita Selanjutnya Giat Pelatihan Life Skill Dinilai Tak Tepat Sasaran, Berikut Tanggapan Pihak BRA Pusat 

Komentar Anda