Portal Indonesia
Habibie

Kapolres Muna: Pertemuan Rajiun dan Rusman akan Sejukkan Suhu Politik di Muna

berita terkini
Rajiun dan Rusman saat mediasi di Polda Sultra
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, MUNA BARAT -Kepolisian Resort Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) meyakini pasca pertemuan antara Laode M.Rajiun Tumada dan Bupati Muna, Rusman Emba, situasi politik di Kabupaten Muna akan membaik.

Kapolres Muna, Agung Ramos P. Sinaga mengatakan pihaknya optimis suhu politik di Muna yang belakangan ini sempat memanas kembali stabil.

"Baliho Laode M.Rajiun Tumada dengan tulisan 'Mai te Wuna, Amaimo Padaa Ini' (datang di Muna, saya sudah datang ini.red) yang dipasang disejumlah titik di wilayah Muna berimbas pada situasi kamtibmas tidak kondusif. Karena itu kita harapkan pertemuan Rajiun sebagai masyarakat dan Rusman sebagai Bupati Muna yang dimediasi Polda Sultra hari ini menyejukkan suhu politik di Muna," jelas Agung saat dihubungi via telepon, Senin (2/9/19).

Kata Agung, mediasi yang dilakukan oleh Polda Sultra itu belum paripurna. Namun, dari pertemuan itu kedua pihak menyepakati dua hal.

"Poin pertama yaitu Pemda Muna tidak akan melakukan penertiban Baliho Rajiun. Kedua, Rajiun juga tidak akan melakukan kegiatan silahturahim di Muna. Kemudian pada pertemuan lanjutan nanti akan dihadirkan ahli bahasa dan budaya," ungkap Agung.

Lanjut Agung, pihaknya sangat mengapresiasi pertemuan Rajiun dan Rusman. Pasalnya, dengan pertemuan itu akan menciptakan suasana tenang dan kondusif di Muna.

"Semoga pertemuan itu membuat suhu politik di Muna sejuk seperti sediakala," harapnya.

Sekedar diketahui, kisruh ini bermula dari pemasangan baliho Rajiun dengan tulisan 'Mai Te Wuna, Amaimo Pada Ini' (datang di Muna, saya sudah datang ini) di pasang di Muna. 

Oleh Pemda Muna keberadaan baliho Rajiun tak terima dipajang di Muna dan baliho itu kemudian diturunkan. Sikap Pemda Muna tersebut dilawan oleh masyarakat pecinta Rajiun. Mereka menolak baliho Bupati Muna Barat itu diturunkan oleh Pemda Muna.

Reporter : La Ode Biku
Editor : Abdul Hakim
ad
Berita Sebelumnya Asah Kepekaan Sosial, Guru Madrasah Azzainiyah Santuni Anak Yatim Piatu 
Berita Selanjutnya Desa Riung Kembangkan Tenun Ikat

Komentar Anda