Portal Indonesia
Habibie

Peringati 1 Suro Warga Sekitar Pantai Balekambang Gelar Larung Sesaji

berita terkini
Saat persiapan Larung sesaji di pantai Balekambang
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, MALANG - Bagi suku Jawa, 1 Suro (1 Muharram) adalah hari yang sakral. Guna sambut tanggal tersebut, berbagai kegiatan dilakukan mulai pagelaran wayang kulit,jamasan (pencucian benda pusaka) hingga larung sesaji.

Seperti yang dilaksanakan oleh warga dusun Sumber Jambe, desa Srigonco kecamatan Bantur kabupaten Malang. Mereka memperingati 1 Suro dengan menggelar larung sesaji di pantai Balekambang. Sebelum gelar Larung sesaji, pada malam harinya warga desa Srigonco menggelar wayang kulit di kawasan pantai tersebut.

Faiz Wildan selaku Dirut PD Jasa Yasa selaku pengelolah pantai Balekambang mengutarakan, bahwa kegiatan larung sesaji rutin dilakukan oleh warga sekitar pantai, pihaknya selalu membuka pintu bagi kegiatan warga yang mempunyai hajat atau acara yang positif.

"Larung saji adalah sarana sebagai rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan karuniaNYA berupa pantai serta lautan dengan ikan yang melimpah bagi warga yang menggeluti pekerjaan sebagai nelayan," paparnya.

Pantauan kontributor portalindonesia.net, sejak pagi warga berduyun-duyun memadati pantai Balekambang. Wisatawan domestik dan mancanegara terlihat berbaur mengikuti acara larung sesaji. Berbagai hasil bumi yang tertata rapi secara pelahan-lahan di hanyutkan sampai hilang di telan ombak pantai laut selatan.

Reporter : Junaedi
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Masyarakat Ponorogo Diminta Bentengi Diri Dari Paham Radikalisme
Berita Selanjutnya Hari Santri, OTT KPK dan Pilkada

Komentar Anda