Portal Indonesia
Habibie

Hampir Tebang, Lahan Tebu Seluas 3,8 Hektar Ludes Dilalap Si Jago Merah

berita terkini
Suasana saat terjadi kebakaran lahan tebu di Kelurahan Sidomukti, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo 
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, PROBOLINGGO - Tanaman tebu yang ditanam di lahan seluas 3,8 hektar dan sudah siap ditebang di Kelurahan Sidomukti, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo dilahap si jago merah, Rabu malam (4/9/2019) sekitar jam 20.12 WIB. 

Saksi mata saat kejadian kebakaran, Alek Bara mengatakan baru mengetahui ada kebakaran ketika sedang melintas di daerah tersebut. "Saya tahunya lahan tebu itu terbakar saat lewat di lokasi sini, dan lama kelamaan api itu menyebar karena hembusan angin hingga hampir merembet kepermukiman warga," ungkapnya. 

Tidak lama kemudian, kata Alek, datang satu unit damkar dan kondisi api sudah menyebar, sehingga petugas agak kesulitan untuk memadamkan. "Namun untung api tersebut, tidak merambat kepemukiman warga berkat upaya pertugas damkar yang cepat sehingga api perlahan dapat dipadamkan," imbuhnya.

Kepada portalindonesia, Alek mengaku sempat mendengar bahwa lahan seluas 3,8 tersebut telah disewakan ke pabrik, dan warga sudah memberi tahu kepada pemilik lahan agar lahan tersebut jangan di tanami tebu karena khawatir terjadi kebakaran lagi. "Kalau kebakaran dan apinya mengenai rumah warga, lantas siapa yang bertanggung jawab," tandas Alek dengan bertanya. 

Sebelum peristiwa kebakaran yang terjadi Kamis (4/9) malam, di tengah tengah lahan tebu tersebut pada Minggu (1/9) sempat dibakar orang tak dikenal dan menurut pengakuan warga sekitar, bahwa yang membakar lahan tebu tersebut yang jelas bukan orang daerah sekitar. 

Beruntung, api yang membakar di tengah tengah lahan tebu pada tanggal 1 September itu berhasil dipadamkan oleh Damkar Kabupaten Probolonggo. 

Mesih menurut warga sekitar, sebelumnya, warga setempat sempat menolak jika di lahan tersebut kembali ditanami tebu, karena pada tahun lalu pernah terjadi hal yang serupa dan warga beralasan lahan tersebut dekat dengan pemukiman warga. sehingga jika ada kebakaran sampai mengenai rumah warga, menurut warga sekitar, nantinya siapa yang akan bertanggung jawab.
 
Hingga berita ini diturunkan, dalam peristiwa ini, kerugian dari dampak kebakaran masih belum diketahui, dan tidak ada korban jiwa atau luka.

Reporter : A. Hadari Asyari
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Dandim 0802 Ponorogo Jalin Sinergitas Bersama Jurnalis
Berita Selanjutnya Kasus Anggota DPRD Probolinggo Bergulir, Material Ijazah Abdul Kadir Diduga Asli

Komentar Anda