Portal Indonesia
Habibie

Komunitas Peduli Budaya Kota Malang Gelar Malang Berudheng

berita terkini
Pembacaan ikrar Malang Berudheng
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, MALANG - Udeng (ikat kepala) orang Jawa berasal dari kata mudheng yang berarti memahami dengan jelas arti kehidupan. Udheng menurut salah satu versi menyatakan bahwa udeng terpengaruh oleh budaya Hindu dan Islam.

Komunitas pecinta kali dan budaya (Cakrawala Mandala Dwipantara) kota Malang pada Minggu (08-09-2019) pagi, gelar gerakan Malang Berudheng di Alun-alun kota Malang.

Menurut Aji Prasetyo (komikus dan budayawan) mengajak generasi milenial untuk bisa menggunakan serta memakai udheng di ruang publik sehingga timbul rasa bangga bisa melestarikan kebudayaan Jawa.

Aji juga menuturkan jaman memang sudah berubah akan tetapi tidak ada salahnya kita tetap mempertahankan adat istiadat, seni serta budaya asli Jawa termasuk memakai Udheng sebagai identitas orang Jawa 

Lain pula Iwan Sunaryo (penggiat seni dan budaya) sasaran Malang Berudheng adalah kaum milenial yang terlihat semakin mencintai budaya asing/barat daripada budaya asli Indonesia termasuk udheng yang asli budaya Jawa.

Iwan menambahkan gerakkan Malang Berudheng mengajak utamanya warga kota Malang untuk mengenal dan mau melestarikan seni dan budaya asli Jawa.

Dari pantauan kontributor portalindonesia.net di alun-alun kota Malang, 100 orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa bercengkrama sambil ikuti acara demi acara.

Reporter : Junaedi
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Agya Hantam Tronton di Probolinggo, 1 Keluarga Tewas
Berita Selanjutnya Kodam XVIII/Kasuari Gelar Sarasehan Bintaltrajuang

Komentar Anda