Portal Indonesia
Habibie

Biyung Tasih, 30 Tahun Mijat di Baturaden

berita terkini
Biyung Tasih
ad

PORTALINDONESIA.NET, BANYUMAS - Guratan keriput di kulitnya menegaskan usianya yang sudah senja. Namun usia renta bukan halangan baginya untuk mengais rejeki.

Waktu menunjukan pukul 20.30 WIB pada Jumat (13/9). Cuaca dingin menusuk tulang kala memasuki Baturaden. Di samping pintu masuk sebuab hotel di selatan terminal, duduk seorang wanita tua mencangklong tas. Biyung Tasih, biasa ia dipanggil. Wanita yang hampir tiap malam berada di sekitar hotel area Baturaden yang berprofesi tukang pijat.

Memijit adalah spesialisasi perempuan baya yang kini berumur 79 tahun. Meski usia tak lagi muda, namun pijitan biyunge ternyata terkenal 'mantap' dan staminanya masih cukup prima."Saya biasa pijat sama Biyung Tasih sudah lama dan cocok", kata Iwan (43), warga Tasikmalaya, Jabar yang sering menginap di Baturaden.

Di lingkungan GS (Gang Sadar), jasa pijat biyunge juga paling diminati. Keahliannya memijat bagian perut dan badan yang pegal-pegal, diakui sejumlah warga anak kost di GS. "Kalau perutku sakit serasa turun bero, langsung manggil biyunge untuk ngurut. Sesudah dipijat biasanya langsung enakan lagi," tutur Umi, salah seorang warga kos di GS Baturaden.

Hampir tiap hari, Biyung Tasih berangkat dari rumahnya ke Baturaden selepas maghrib dan pulang paruh malam. "Rejekine inyong sekang Baturaden, inyong esih kuat urung ngerti kapan pensiun (Rejeki saya dari Baturaden, saya masih kuat dan bekum tau kapan pensiun)", katanya saat berbincang dengan PORTALINDONESIA.

Dirumahnya yang terletak di Dusun Gerlangu, Desa Karangtengah, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, biyunge tinggal bersama anak semata wayangnya Siwan.

Tak jarang saat tengah berada di rumah, biyung juga menerima jasa pijat dirumahnya, lantaran sering didatangi orang yang membutuhkan jasanya. Istri dari Mardjuki (Alm) ini tak pernah menolak siapapun yang memerlukan jasa pijatnya. 

Reporter : Trisno
Editor : Abdul Hakim
ad
Berita Sebelumnya Ribuan Masyarakat Situbondo Saksikan Pawai Ranpur Milik TNI
Berita Selanjutnya Habis Menyantap Jamur, Sekeluarga di Purwokerto Keracunan

Komentar Anda