Portal Indonesia
Habibie

Gerakan Pungut Sampah di Purworejo Dipusatkan di Kutarjo

berita terkini
Anggota Korimil 05/Kutarjo Purworejo bersih bersih sampah.
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, PURWOREJO - Dalam rangka memperingati HUT TNI ke 74 dan bertepatan dengan hari sampah sedunia, Kodim 0708 Purworejo menggelar gerakan pungut sampat serentak yang dilaksanakan di Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo, Sabtu (21/09/2019). 

Kegiatan ini dilakukan untuk mewujudkan lingkungan yang bersih, hijau dan sehat. Untuk mencapai semua itu tentunya dibutuhkan kerja sama semua pihak.

Komandan Kodim 0708 Purworejo melalui Danramil 05/Kutoarjo Kapten Inf Ariyadi mengatakan dalam rangka HUT TNI ke 74 anggota Kodim 0708 Purworejo ikut berpartisipasi gerakan pungut sampah sedunia yang diselenggarakan di Kecamatan Kutoarjo. 

Masih kata Danramil, alangkah baiknya semua masyarakat menggunakan daun sebagai sarana untuk wadah keperluan sehari hari dimana daun tersebut nantinya akan menjadi sampah, sedangkan daun itu mudah di urai oleh tanah 

“Ayo kita bergerak, jangan beri kesempatan sampah bertebaran di wilayah Kecamatan Kutoarjo, sehinga Kota Kutoarjo benar benar Bersih Indah Rapi Aman dan Makmur," ucapnya.

Lebih lanjut Danramil menuturkan aksi bersih-bersih sampah di Kecamatan Kutoarjo, sasarannya ada empat titik, diantaranya di terminal Kutoarjo, Jalan Tanjung Anom ke arah utara sampai pasar, alun alun dan pasar hewan.

"Gerakan pungut sampah ini merupakan tindakan sosial yang memiliki nilai untuk melatih warga masyarakat khususnya generasi muda agar tidak bersikap acuh, malu, dan gengsi untuk memungut sampah," jelasnya. 

Dia berharap, dengan adanya gerakan pungut sampah ini semoga kabupaten Purworejo bebas dari sampah. "Mari kita budayakan buang sampah pada tempatnya, karena sampah juga bisa digunakan sebagai kompos sehingga dapat dimanfaatkan," imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Ligkungan Hidup Kabupaten Purworejo, Bambang Setiawan mengungkapkan dalam rangka hari pungut sampah sedunia untuk Kabupaten Purworejo dipusatkan di Kecamatan Kutoarjo, dengan menggerakan seluruh komponen masyarakat agar memungut sampat sekaligus untuk edukasi dan sosialisasi tentang baiknya pengelolaan sampah.

“Untuk gerakan pungut sampah ini akan kami laksanakan di empat titik kumpul yang natinya akan bertemu di depo sampah yang berada di jalan S.Parman Kutorajo untuk ditimbang kemudian dilaporkan ke Provinsi,"pungkasnya.

Reporter : Fauzi
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Gelar Nadran, MWC NU Kandanghaur Bangun Kebersamaan dengan Nelayan
Berita Selanjutnya Hari Santri, OTT KPK dan Pilkada

Komentar Anda