Portal Indonesia
Habibie

Kabut Asap Kian Tebal di Wilayah Aceh Utara, Jarak Pandang 1 Kilometer

berita terkini
Kondisi Aceh Utara yang dilanda kabut asap.
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, ACEH UTARA - Kabut asap makin tebal yang melanda Kabupaten Aceh Utara dan sekitarnya semakin parah terlihat pukul 07.00 WIB, Selasa (24/9/2019). 

Kondisi jarak pandang tinggal 1- 1,5 kilometer. Namun pada sore hari sekira pukul 13.30 WIB, kondisinya jarak pandang semakin dekat sampai 1 kilometer saja.

Menurut keterangan resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Malikussaleh, Kabupaten Aceh Utara, semakin tebalnya kabut asap yang melanda Aceh Utara dan sekitarnya akibat kecepatan angin yang cenderung lemah di wilayah Kabupaten Aceh Utara dan sekitarnya.

Arah angin bergerak dari tenggara Sumatera dengan kecepatan 18-27 kilometer per jam, sehingga terus membawa masuk asap kebakaran hutan ke wilayah Aceh Utara. Kabut asap mulai masuk ke Aceh sejak beberapa hari terakhir.

Akibatnya, termasuk aktivitas di Bandara Malikusalaeh Aceh Utara juga sempat terganggu. 

(Kondisi Aceh Utara yang dilanda kabut asap)

Sementara itu, berdasarkan sumber Petugas Bandara (JL) kabut asap yang masuk ke Aceh Utara dapat meganggu penerbangan namun tetap waspada, kabut asap tidak terpantau lagi di Aceh Utara dan sekitarnya. Namun pada Minggu (22/9/2019), kabut asap kembali melanda Aceh Utara dan sekitarnya.

Oleh karena itu, masyarakat diharapkan membatasi aktivitas di luar ruangan dan memakai masker bila beraktivitas di luar ruangan.

Kabut asap itu kian tebal, diperkirakan karena semakin meluasnya sejumlah titik kebakaran hutan di Provinsi Riau.

Reporter : Nurmansyah
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Sambutan Ketua DPRD Kota Malang dan Khidmatnya Pendoa Nusantara Saat Ritual Puja Agung
Berita Selanjutnya Sorot Dana BOS dan PIP di SMKS Al Ishlah, LBH CAKRA: Bisa Dibuktikan Setelah Proses Hukum Berjalan

Komentar Anda