Portal Indonesia
Habibie

Black Box Pesawat Twin Otter DHC6-400 Berhasil Dievakuasi Tim SAR Gabungan

berita terkini
Proses evakuasi Black Box Pesawat Twin Otter DHC6-400 oleh Tim SAR dibantu dua orang pendaki dari Vertical Rwscue Indonesia (VRI) Bandung.
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, PAPUA - Pesawat angkut (Cargo) jenis Twin Otter DHC6-400 pada Rabu (18/09/2019) lalu, jatuh di pegunungan Distrik Hoeya Kabupaten Mimika. Hari ini, Jumat  (27/09/2019) Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi Black Box pesawat milik PT Carpediem Aviasi Mandiri tersebut.

Setelah berhasil dievakuasi, selanjutnya Tim SAR Gabungan menyerahkan Black Box itu kepada Tim Komite Keselamatan Tranportasi (KNKT).

"Hari ketujuh pencarian korban sudah selesai. Pencarian ditambah lagi selama tiga hari. Guna membantu Tim KNKT, hari ini menemukan Black Box pesawat", ujar Monce Brury selaku Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Mimika kepada awak media, (27/9) di Bandara Mozes Kilangin Timika. 

Sebelumnya, yakni pada hari Rabu (25/09/2019), Tim SAR Gabungan telah berhasil mengevakuasi 4 korban pesawat yang membawa muatan cargo 1600 Kg beras Bulog.

Dua dari 4 korban yang telah berhasil diidentivikasi oleh Tim Disaster Victim Investigation (DVI), adalah korban atas nama Dasep Sobirin Ishak (Pilot) dan Bharada Hadi Utomo (Anggota Polri).

Sementara untuk dua korban jenazah atas nama Yudra Tetuko (Copilot) dan Ujang Suhendra Agustinus (mekanik pesawat) belum bisa teridentifikasi dan perlu pengecekan DNA lanjutan di Jakarta. 

(Foto Pesawat Twin Otter yang melayani penerbangan di pedalaman Papua milik PT. Cardiem Aviasi Mandiri)

Menurut Kabud Humas Polda Papua, Kombes Pol AM Kamal, lamanya pencarian Black Box karena terhalang oleh cuaca buruk, terlebih lagi ekor pesawat itu mengantung di pinggir tebing.

"Pesawat Twin Otter DHC6-400 nomer registrasi PK-CDC ditemukan pada ketinggian 13.543 Feet atau 3.900 meter diatas permukaan laut, dengan kondisi medan pegunungan yang sangat berat," ungkapnya.

Reporter : Qistiyanto
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Sedekah Bumi Acara Tahunan Warga Kaliwatu Bumi Purworejo
Berita Selanjutnya Keroyok Anggota Satpol PP, Manusia Silver Wajib Lapor

Komentar Anda