Portal Indonesia
Habibie

11 Petahana Ikut Pencalonan Kades, 4 Diantaranya Tumbang Saat Tes Tulis

berita terkini
Para peserta saat mengikuti tes ulang (Photo: Arief Yuda/Portal Indonesia) 
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, SITUBONDO - Pemilihan kepala desa serentak yang akan berlangsung pada tanggal 23 Oktober 2019, diikuti sebanyak 116 desa, dan 12 desa diantaranya harus melaksanakan tes tulis, karena jumlah peserta bakal calon kepala desa tersebut melebihi 5 orang peserta. Kamis (3/10/19).

Hasil tes tulis bakal calon kepala desa yang dilakukan Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pemerintah Provinsi Jawa Timur, bertempat di ruang Graha Wiyata Praja, Lantai II Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo pada Kamis (3/10/19), menghasilkan tiga desa tes ulang dan empat incumbent (petahana) tumbang dalam mengikuti tes tulis tersebut.

Tiga desa yang mengikuti tes ulang antara lain, calon dari Desa Sumberwaru, Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, dan Desa Bungatan, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo.

Sedangkan incambent yang tumbang dalam mengikuti tes tulis tersebut, antara lain Kades Paowan, Kecamatan Panarukan, Kades Desa Jatibanteng Kecamatan Jatibanteng, Kades Desa Blimbing Kecamatan Besuki dan Kades Desa Sumberwaru Kecamatan Banyuputih.

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Desa (Pemdes) pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Situbondo, Yogie Krispian Sah menjelaskan bahwa, sesuai dengan peraturan bakal calon kepala desa yang pesertanya melebihi dari 5 orang dilakukan tes tulis.

"Ada empat incumbent yang tidak lolos tes tulis ini. Secara otomatis, mereka tidak berhak untuk mengikuti pilkades," katanya. 

Yogie menambahkan, dari 84 bakal calon kepala desa yang lolos mengikuti tes tulis tersebut, sebanyak 60 orang bakal calon kepala desa. Mereka mengerjakan 100 soal dengan waktu dua jam. 

Informasi dihimpun Portalindonesia.net  saat berlangsung tes tulis bakal calon kepala desa yang berlangsung di ruang Graha Wiyata Praja, Lantai II Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo menyebutkan, bahwa para peserta disodorkan soal-soal tentang pengetahuan UUD 1945, Pancasila, Pengetahuan Pemerintah dan pengetahunan umum lokal maupun nasional.

Reporter : Arief Yuda Pranata
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Koalisis Masyarakat Banyumas Pembela NKRI Dukung TNI/Polri Tegakkan Hukum
Berita Selanjutnya Hari Santri, OTT KPK dan Pilkada

Komentar Anda