Portal Indonesia
Habibie

Kabid Kesetaraan PKBM Al-Furqon: Angka Anak Putus Sekolah di Kebumen Masih Tinggi 

berita terkini
Foto saat penyerahan sertifikat visitasi akriditasi oleh Nurul Mubin dan Kardianto Indra Purnomo dari team Asesor BAN PAUD dan PNF Provinsi Jawa Tengah kepada Pimpinan PKBM Al-Furqon Kebumen, Kyai Nur Taufik
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, KEBUMEN - Team asesor BAN PAUD dan PNF Provinsi Jawa Tengah belum lama ini telah meresmikan dan menyerahkan sertifikat visitasi akriditasi lembaga pendidikan masyarakat PKBM Al- Furqon Kebumen. 

"Sertifikat visitasi akriditasi PKBM Al-Furqon Kebumen itu, diserahkan belum lama ini di Kebumen oleh tim asesor BAN PAUD dan PNF dari Provinsi Jawa Tengah. Tim yang meresmikan dan menyerahkan sertifikat itu, antara lain Dr. Nurul Mubin S. Pd.i, M.Si dan Kardianto Indra Purnomo S.Mn. M.Pd," ujar Handi Yunus, selaku Kabid Kesetaraan PKBM Al- Furqon kepada portalindonesia.net, Jumat (11/9/2019) di perguruan lembaga PKBM Al - Furqon di Desa Kutosari Kebumen. 

"Dengan adanya sertifikat tersebut, lembaga PKBM Al-Furqon telah dikelola secara konsisten dan menejemen secara baik dan telah berjalan selama 9 tahun," lanjutnya. 

Handi menyampaikan, dalam rangka ikut serta mencerdaskan bangsa, juga membantu program pemerintah di bidang pendidikan masyarakat khususnya bagi yang putus sekolah dan yang belum pernah belajar secara formal, PKBM Al - Furqon Kutosari Kebumen telah memberikan kesempatan kepada masyarakat dan yang belum mempunyai ijazah mulai dari paket A setara dengan SD, paket B setara SMP, paket C setara SMA, dimana untuk proses pembelajaran PKBM tersebut ada 3 tempat, yakni kampus 1 di Ponpes Husnul Hidayah Wanasara Kemangguan dan juga sebagai sekretariat PKBM Al - Furqon, kampus 2 di SMK Ma' arif 4 Kebumen, kampus 3 di Kutosari jalan Kapt. Piere Tendean No.16 Kebumen. 

"Sementara untuk model pembelajaran dilakukan secara tatap muka dengan tutorial dan model daring (WA) group warga belajar," jelas Handi. 

Kata Handi, untuk pelajaran tahun 2018/2019 telah meluluskan 50 lebih siswa, dan sebelumnya para lulus ini telah meneruskan di perguruan tinggi dan bekerja di kantor perusahaan swasta maupun usaha mandiri. 

"Lembaga ini telah meluluskan siswa peserta didik mulai paket A, B dan C. Untuk tahun ajaran 2019 telah dibuka kelas Ketrampilan Menjahit, Servis Hp dan lainnya, dengan harapan bagi lulusan tersebut bisa meneruskan ke henhang yang lebih tinggi dan siap kerja dan mandiri," ungkapnya. 

Handi menambahkan, dengan adanya PKBM Al Furqon ini, diharapkan bisa memberikan solusi kepada masyarakat yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan yang diinginkan. "Karena anak-anak putus sekolah di Kabupaten Kebumen, masih tinggi. Dan dalam rangka ikut serta mencerdaskan bangsa dan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menuntut ilmu, pendidikan ini tidak ada bedanya dengan pendidikan formal, misalnya lulusan paket C itu sama seperti halnya dengan lulusan SMA," tutupnya. 

Sekedar untuk diketahui, PKBM Al- Furqon yang dipimpin oleh Kyai Nur Taufik ini, telah andil berkontribusi di bidang pendidikan khususnya kepada masyarakat dalam menuntut ilmu sampai jenjang yang diinginkan.

Bahkan, di lembaga ini telah tersedia program kursus menjahit, servis HP dan lainnya dengan harapan setelah lulus siap kerja dan mandiri dengan sumber daya manusia yang tangguh, unggul dan berakhlak mulia.

Reporter : Ahmad
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Pastikan Kamtibmas Bumi Reyog Terjaga, Kapolres Ponorogo Gelar Safari Desa
Berita Selanjutnya Giat Pelatihan Life Skill Dinilai Tak Tepat Sasaran, Berikut Tanggapan Pihak BRA Pusat 

Komentar Anda