Portal Indonesia
Habibie

Rajiun Optimis Pada Masa Kerja DPRD Mubar yang Baru Tak akan Ada Perkada

berita terkini
Bupati Mubar, Laode M.Rajiun Tumada
ad

PORTALINDONESIA.NET, MUNA BARAT - Bupati Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra), Laode M.Rajiun Tumada mengatakan dirinya optimistis pada masa kerja anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mubar yang baru ini tidak akan ada Perkada (peraturan kepala daerah) tentang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Menurutnya, Perkada APBD banyak menimbulkan kerugian terhadap banyak pihak. 

"Insya Allah tidak akan ada Perkada lagi. Sebab kita tahu Perkada hanya menimbulkan banyak kerugian: merugikan masyarakat; merugikan pemerintah daerah dan merugikan pihak DPRD juga," jelas Rajiun saat ditemui portalindonesia.net di pelataran Kantor DPRD Mubar, Rabu  (16/10/19).

Rajiun meyakini baik eksekutif maupun legislatif memiliki niat yang sama untuk kesejahteraan rakyat. DPRD periode sebelumnya sinergitas dengan Pemda sangat bagus.

"Begitu juga dengan DPRD yang baru ini. Semuanya akan berpikir untuk kepentingan rakyat. Bila periode lalu ada perbedaan politik yang begitu tajam dengan Pemda, itu merupakan dinamika politik. Dalam era demokrasi hal seperti itu adalah biasa saja," tangkisnya. 

Karena itu Rajiun berharap agar DPRD Mubar yang baru ini dapat menjalankan fungsinya sesuai amanah perundang-undangan yang berlaku. 

"Fungsi penganggaran, fungsi legislasi dan pengawasan. Tiga fungsi ini harus betul-betul dilaksanakan. Jika hal itu berjalan sesuai harapan maka visi-misi pembangunan Pemda Mubar akan terealisasi dengan baik," tuturnya. 

Untuk diketahui, Anggota DPRD Mubar periode 2014 - 2019 kerap terjadi perbedaan pendapat dengan Pemda Mubar. Situasi sidang pun berlangsung alot. Bahkan pada tahun 2016 DPRD dan Pemda Mubar gagal menghasilkan Perda tentang APBD. Jalan terakhir dari perseteruan panjang tersebut berujung pada Bupati Mubar, Laode M.Rajiun Tumada menerbitkan Perkada.

Reporter : La Ode Biku
Editor : Abdul Hakim
ad
Berita Sebelumnya Banyumas Diguyur Hujan, Talut Longsor Timpa Rumah Dan Tutup Akses Jalan
Berita Selanjutnya Kanwil Kemenag Tangerang Gelar Jalan Sehat Kebangsaan

Komentar Anda