Portal Indonesia
Habibie

Distan Indramayu, Prioritaskan Pembutan Embung Kecil di 31 Kecamatan 

berita terkini
Kasi Rehalintan Distan Indramayu, Anto. 
ramadhan

PORTALINDINESIA.NET, INDRAMAYU - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Indramayu merealisasikan rehabilitasi bangunan embung di 31 Kecamatan sebagai upaya mengantisipasi ancaman kekeringan yang kerap melanda wilayah Kabupaten Indramayu pada musim tanam gadu. 

"Musim tanam gadu atau kemarau karena selalu melanda di lahan pertanian sawah petani Kabupaten Indramayu, kami melaksanakan rehab bangunan embung 31 titik  dengan total pagu Rp.3.642.000.000 menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2019 membangun  embung pertanian," kata Kepala Seksi (Kasi) Rehalintan Distan Kabupaten Indramayu, Anto, saat ditemui tim portalindonesua.net. 

Menurut Anto, pembangunan embung berskala kecil tersebut dilaksanakan di wilayah rawan kekeringan. Selain itu dari pembangunan embung itu akan dikelola langsung dalam Uniit Sarana dan Prasarana (Sarpras) di setiap 31 kecamatan di Kabupaten Indramayu bertugas meliputi embung pertanian, 1 Longstorage, 4 Damparit dan 1 Sumur Dangkal. 

"Masuk dalam rencana dari hasil pembangunan embung pertanian dan sarana lainnya itu dilaksanakan secara swakelola oleh kelompok tani", jelasnya. 

Masih menurut Anto, proses pembangunan embung diharapkan dapat dilaksanakan dengan baik,  sehingga perlu adanya peran dukungan dari Pemerintah Pusat. 

"Semoga program pembangunan fisik pertanian dapat terselesaikan dan mengharapkan dukungan Pemerintah Pusat agar Kabupaten Indramayu sebagai daerah lumbung padi untuk menunjang ketahanan pangan nasional tetap terjaga," papar Anto.

Sementara menurut Kabid Tanaman Pangan Distan Indramayu, H. Yani, media memiliki peran untuk memantau. "Slahkan media memantau dilapangan pekerjaan bangunan embung agar program pertanian tepat sasaran, sesuai harapan semua pihak", jelasnya

Di tempat terpisah, Kuwu Desa Tenajar Tengah, Sukorih mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Indramayu melalui Dinas Pertanian yang telah merealisasikan pembangunan embung di desanya.

"Pembangunan embung di desa ini adalah solusi. Semoga permasalahan kekeringan lahan sawah bisa teratasi," kata Sukorih.

Reporter : Rasita
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya UPTD SDN 1 Kaplongan Dapat Kucuran Dana Rp 950 Juta untuk Renovasi 
Berita Selanjutnya Ketua DPD PSI Kota Malang Tinjau Langsung Jembatan Muharto

Komentar Anda