Portal Indonesia
Habibie

Irdes P3A Mitra Cai Desa Sukadana Telah Dilaksanakan

berita terkini
Hasil pembangunan P3A Mitra Cai di Desa Sukadana Kecamatan Tukdana, Kabupaten Indramayu
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, INDRAMAYU - Pemerintah Desa Sukadana Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, tak henti-hentinya melaksanakan pembangunan, baik dibidang infrastruktur maupun pelayanan administrasi terhadap warganya. 

Guna untuk meningkatkan swasembada pangan, pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Dirjen Sumber Daya Air Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWSC) memberikan bantuan dalam bentuk program percepatan peningkatan tata guna air irigasi (P3-TGAI) bertujuan untuk membantu masyarakat pengguna air khususnya para petani Desa Sukadana, guna meningkatkan produktifitas hasil pertanian. 

Untuk menunjang hal tersebut, dibangun sarana- prasarana untuk kepentingan para pengguna air, seperti sekarang yang sedang berlangsung pengerjaan irigasi pedesaan (Irdes) di Gang Guru Ono Lungsemut. 

Raksa Bumi Desa Sukadana, Nasir, selaku ketua pelaksana yang mewakili kelompok Tani P3A mitra cai Desa Sukadana menyampaikan dalam pengerjaan proyek ini diutamakan kualitas supaya para petani tidak merasa kecewa terhadap program tersebut. 

"Saya kerjakan tidak asal jadi, volume panjang TPT mencapai 350 m, meski dalam RAB hanya 275 m. Ketinggian mencapai 80 cm, sedangkan dalam RAB 70 cm. Kekurangan anggaran dari swadaya karena anggaran hanya sekitar seratus sembilan puluh lima juta rupiah (Rp 195 juta), ungkapnya. 

"Tentunya saya selalu berupaya amanah terhadap bantuan pemerintah untuk merealisasikan karena kepercayaan itu mahal harganya", imbuh Nasir. 

Ia bersama warga petani setempat berharap, untuk program - program kedepan yang sudah diajukan agar segera terealisasikan kembali supaya pengerjaan infrastruktur pertanian berkesinambungan. 

"Kami juga berharap, srmoga bangunan ini bertahan lama, sehingga kami sebagai perangkat Desa Sukadana dan kelompok Tani Mitra Cai tinggal melakukan perawatannya saja. Dan dengan dibangunnya TPT ini, diharapkan kelancaraan air akan lebih terjamin dan volume air akan lebih besar sampai ke pesawahaan," katanya. 

Disamping itu, kata Nasir, atas nama mewakili kuwu dan perangkat Desa Sukadan mengucapkan terimakasih kepada Pemkab dan Pemerintah Pusat yang telah mengucurkan dana bantuan untuk Pembangunan infrastruktur pertanian di desanya. 

"Tak lupa, kami juga menyampaikan terimakasih kepada perkumpulan petani pengguna air yang selalu mengajukan program - programnya demi terwujudnya peningkatan pembangunan khususnya irigasi, sehingga masyarakat petani merasa terbantu dengan adanya pembangunaan ini", ucap Nasir. 

Kata Nasir, kedepan pembangunan infrastruktur pertanian maupun pembangunan jalan lingkungan di Desa Sukadana agar berimbang. "Karena pembangunan di desa ini tak akan berhenti di pembangunan Irdes saja, akan tetapi masih banyak program lainnya yang harus kami kerjakan", ujarnya. 

Adanya pembangunan yang begitu nampak dan dapat dirasakan oleh warga, membuat warga setempat mengapresiasinya. 

"Pekerjaan TPT Mitra Cai di Gang Guru Ono memuaskan para petani, karena hasil pekerjaan tidak diragukan lagi," ungkap Carmita alias Godeg, warga Karang Moncol. 

Senada, tokoh masyarakat Desa Sukadana, Talim mengaku bangga memiliki pemimpin seperti Kuwu H. Ino karena selama masa kepemimpinan Kuwu Ino, sangat nampak hasil pembangunannya. "Bahkan setahu saya, beliau selalu jemput bola untuk mendapat program pembangunan di luar  DD, ADD dan Banprov," katanya. 

Reporter : Rasita
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Distan Indramayu, Prioritaskan Pembutan Embung Kecil di 31 Kecamatan 
Berita Selanjutnya Giat Pelatihan Life Skill Dinilai Tak Tepat Sasaran, Berikut Tanggapan Pihak BRA Pusat 

Komentar Anda