Portal Indonesia
Habibie

Forum Verifikasi Status Daerah Irigasi Wilalayah Timur, Mubar Usulkan 23 Daerah Irigasi 

berita terkini
Kabid Sumber Daya Air, PUPR Mubar, Surachman 
ad

PORTALINDONESIA.NET, MUNA BARAT - Pemerintah Kabupaten Muna Barat (Mubar) Sulawesi Tenggara (Sultra) menghadiri Pertemuan Verifikasi Status Daerah Irigasi (PVSDI) Wilayah Timur yang digelar di Tangerang yang berlangsung selama empat hari. 

Kepala Bidang Sumber Daya Air, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Mubar, Surachman  mengatakan pada forum tersebut Mubar mengusulkan 23 daerah irigasi untuk dicantumkan dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum terbaru tentang Status Daerah Irigasi Kewenangan Pusat, Provinsi dan Kabupaten.

"Rinciannya terdiri sembilan daerah irigasi permukaan; tujuh daerah irigasi air tanah dan tujuh daerah irigasi tambak," beber Surachman via whatsapp, Selasa (29/10/19). 

Lanjut Surachman khusus daerah irigasi permukaan yang baru akan dikembangkan pada daerah irigasi Kampani dengan luas potensial 500 hektar.

Menurut dia, dengan adanya penetapan daerah irigasi yang menjadi kewenangan Kabupaten Mubar ini maka akan memudahkan dukungan program atau kegiatan yang dikucurkan dari pusat.

"Khususnya kegiatan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Sebab salah satu prasyarat utama dalam pengucuran anggaran pusat adalah legal standing kewenangan daerah irigasi yang selama ini belum ada pemisahan dari Kabupaten Muna sebagai kabupaten induk," ujarnya. 

Surachman menambahkan pembangunan irigasi merupakan salah satu perhatian utama Pemda Mubar. Alasannya sektor ini banyak menyerap tenaga kerja dan meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat desa. 

"Apalagi Mubar ini bercita-cita memposisikan dirinya sebagai lumbung padi di Provinsi Sulawesi Tenggara," imbuhnya.

Reporter : La Ode Biku
Editor : Abdul Hakim
ad
Berita Sebelumnya Progres Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang Tambah Fasilitas Digital Library
Berita Selanjutnya Kanwil Kemenag Tangerang Gelar Jalan Sehat Kebangsaan

Komentar Anda