Portal Indonesia
Habibie

Peringati Hari Sumpah Pemuda, di Kota Malang Gelar Kesenian Jaranan

berita terkini
Aksi Seni Jaranan saat memeriahkan hari Sumpah Pemuda di depan kantor DPRD kota Malang.
ad

PORTALINDONESIA.NET, MALANG RAYA - Pada tanggal 28 Oktober 1928 adalah sejarah dimana ratusan pemuda-pemudi se-Indonesia saat itu berkumpul di Gedung IC Jl.Kramat 106 Jakarta guna mengikrarkan kesetiaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hingga kemudian untuk memperingatinya, setiap tanggal 28 Oktober ditetapkan sebagai Hari Sumpah Pemuda. 

Dalam rangka memeriahkan hari Sumpah Pemuda di kota Malang, Cakrawala Mandala Dwipantara dan Manggala Nuswantara menggelar kesenian Jaranan dengan tema 'Sang Punggawa Nusantara'. Acara ini bertempat di depan kantor DPRD kota Malang, Senin (28/10) malam.  

Iwan Sunaryo selaku ketua panitia mengatakan alasan kenapa dipilih kesenian jaranan untuk peringati hari Sumpah Pemuda, karena seni jaranan di latar belakangi semakin terkikisnya seni budaya asli Indonesia oleh budaya asing.

"Selain itu, minimnya para pemuda pemudi yang mau belajar dan melestarikan seni budaya asli Indonesia khususnya di Malang seperti tari topeng, tari beskap, jaranan dan juga udeng yang dulu jadi identitas orang jawa", ujarnya. 

Pantauan portalindonesia.net di arena acara, tampak ratusan pegiat seni jaranan se Malang Raya berkumpul dan bergantian beraksi.

Sumadi salah satu penonton menuturkan acara seni budaya seperti ini harus terus diselenggarakan agar kaum pemuda tahu bahwa kota Malang mempunyai kesenian khas yang harus dilestarikan. 

"Harapan kami, Pemkot dan wakil rakyat (DPRD) Malang untuk bisa mewadahi serta memberikan ruang seluas-luasnya bagi gelaran seni budaya asli Malang", ucapnya.

Reporter : Junaedi
Editor : Abdul Hakim
ad
Berita Sebelumnya Istri Direbut, Pria Ini Bacok Orang di Kebun Kopi 
Berita Selanjutnya Kanwil Kemenag Tangerang Gelar Jalan Sehat Kebangsaan

Komentar Anda