Portal Indonesia
Habibie

Peringati HUT TNI ke-74, Kodim 0708 Purworejo Gelar Festival Film Pendek

berita terkini
Saat Komandan Kodim 0708 Purworejo menyerahkan piagam penghargaan kepada pemenang lomba flm pendek. (Photo: Istimewa)
ad

PORTALINDONESIA.NET, PURWOREJO - Dalam rangka memperingati HUT TNI ke-74, Kodim 0708 Purworejo menggelar festival film yang diikuti oleh pelajar maupun mahasiswa.

Kegiatan tersebut digelar sebagai bentuk keprihatinan terhadap situasi bangsa, dimana berita hoax intoleransi radikalisme menyebar bagai virus yang merusak kesatuan berbangsa.

Dalam acara ini, terlihat antusias para pelajar sangat besar. Kurang lebih 40 film yang terdaftar mengikuti festival film Kodim 0708 dengan tema "Gerakan Persatuan di Tengah Perbedaan".

Para peserta pun bervariasi, mulai pelajar tingkat SMP, SMA, hingga mahasiswa baik dari Universitas di Purworejo sendiri maupun mahasiswa Universitas dari Yogyakarta.

Komandan Kodim 0708 Purworejo, Letkol Infanteri Muchlis Gasim, menyampaikan, negara mempunyai sejarah adiluhung budaya kultur, dimana Bhinneka Tunggal Ika sebagai falsafahnya dan diturunkan secara turun temurun.

Oleh sebab itu, dirinya ingin mengenalkan kembali falsafah tersebut kepada generasi penerus melalui media festival film pelajar dan mahasiswa.

“Anak muda saat ini sangat dekat dengan media social, melalui jejaring jejaring sosial tersebut dapat mempererat bangsa di tengah maraknya intoleransi dan radikalisme,” ungkapnya, Kamis (31/10) kemarin.

Ia juga mengaku sangat bangga, sewaktu menonton hasil karya anak-anak.

Hal tersebut dikarenakan ia membayangkan ketika masih duduk dibangku SMP atau SMA, yang waktu itu zaman belum kenal handphone dan teknologi canggih.

“Kami sangat sulit untuk memilih juara, karena semuanya bagus-bagus dan sangat membanggakan,” tegasnya.

Diketahui, dalam festival film ini, untuk juara pertama diraih oleh SMAN 5 Purworejo, juara 2 dari Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta dan juara 3 dari SMAN 3 Purworejo.

Reporter : Fauzi
Editor : Abdul Hakim
ad
Berita Sebelumnya Demokrat Dukung Komjen Idham Aziz Jadi Kapolri
Berita Selanjutnya Kanwil Kemenag Tangerang Gelar Jalan Sehat Kebangsaan

Komentar Anda