Portal Indonesia
Habibie

Sosialisasi Bahaya Dampak Bencana di SDN Purwantoro 5 Kota Malang 

berita terkini
Para siswa SDN Purwantoro 5 Kota Malang saat menyimak penjelasan tentang bahaya dampak bencana 
ad

PORTALINDONESIA.NET, MALANG RAYA - Sosialisasi soal bahaya dampak dari sebuah bencana dipaparkan oleh Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) dihadapan para guru dan siswa SDN Purwantoro 5 Kecamatan Blimbing Kota Malang.

Acara sosialisasi pada Jumat (01/11) yang diikuti semua siswa kelas 1-6 dan bertempat di dalam bangunan semi permanen berupa musholla yang berada di lingkungan sekolah dasar tersebut, sebagai bekal pengetahuan kepada para siswa tentang dampak bahayanya sebuah bencana, baik soal gempa maupun soal banjir jika terjadi di sekolah atau di rumah. 

"Anak-anak harus cari tempat berlindung yang aman saat terjadi gempa, misalkan berlindung di bawah meja, sambil tangan kiri pegang kaki meja dan tangan kanan memegangi kepala serta memposisikan salah satu kaki yang berfungsi sebagai penyanggah," papar personil ACT sembari mengajak semua siswa memperagakanya.

Kepada PortalIndonesia.net, guru kelas 5, Sri Istiwatiningseh menyampaikan, bahwa acara sosialisasi tersebut merupakan kerjasama pihak sekolah melalui mekanisme proposal yang diajukan kepada pihak ACT. "Kami mengajukan proposal kepada pihak ACT untuk diberikan sosialisasi kepada para siswa SDN Purwantoro 5 tentang dampak bahaya bencana sekaligus pencegahannya," ucapnya. 

"Anak-anak sangat semangat mengikuti acara sosialisasi dan ini termasuk proses belajar diluar kelas yang diarahkan dari narasumbernya langsung," timpal Dwi, guru kelas 4. 

Usai mengikuti acara, salah satu siswa kelas 4 merasa senang mengikuti sosialisasi tersebut. "Saya dapat tambahan ilmu dan pengarahan soal cegah bahaya dampak bencana," ujar siswa bernama Moch. Khafidz Abdinegoro. 

Dengan adanya sosialisai tersebut, siswa lainnya mengaku bisa tahu cara untuk menyelamatkan jika terjadi gempa. "Enak bisa denger langsung cara menyelamatkan diri dari gempa," kata Mohammad Satrio Nusantoro, siswa kelas 1 di sekolah tersebut. 

Reporter : Galih
Editor : Abdul Hakim
ad
Berita Sebelumnya Expo Hari Juang Kartika, Bupati Salwa: Cintai Produk Lokal
Berita Selanjutnya Kanwil Kemenag Tangerang Gelar Jalan Sehat Kebangsaan

Komentar Anda