Portal Indonesia
Habibie

Disdik Indramayu Gelontorkan 7,2 Milyar Bangun Jamban SD di 31 Kecamatan 

berita terkini
Jamban di SDN Malangsemirang 1 Kabupaten Indramayu, yang telah direhab.
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, INDRAMAYU - Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan sarana sekolah dasar (SD) dalam pemenuhan sanitasi di sekolah dan menumbuhkan kesadaran dalam perilaku hidup bersih dan sehat, sejumlah SDN yang tersebar di 31 kecamatan di Kabupaten Indramayu mendapat bantuan rehabilitasi toilet (jamban).

Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Indramayu, Malik Ibrahim, belum lama ini menyampaikan bahwa kegiatan pembangunan jamban di sejumlah SDN itu sebesar Rp7.271.417.535 melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2019, dan dilaksanakan secara swakelola oleh masing-masing pihak sekolah. 

"Pada tahun ini, Kabupaten Indramayu mendapatkan bantuan rehabilitasi toilet untuk 100 SDN dari pemerintah yang dananya bersumber dari APBN," ungkapnya. 

Dikatakan Malik, keberadaan jamban alias toilet di sejumlah SDN di Kabupaten Indramayu, kini mendapat perhatian pemerintah. "Dari 886 SDN di Kabupaten Indramayu, kurang lebih 30 persen atau kurang lebih 250 SDN, kondisi toiletnya rusak," ungkap Malik Ibrahim. 

Menurutnya disetiap kegiatan perbaikan sekolah itu, harus didasarkan pada Data Pokok Pendidikan atau Dapodik.

"Dapodik adalah sistem pendataan skala nasional yang terpadu dan merupakan sumber data utama pendidikan nasional. Perbaikan bangunan sekolah melalui APBN dan DAK harus didasari atas update data dari Dapodik," jelasnya. 

Terpisah, Kepala SDN Malangsemirang 1, Suwarna, S.Pd mengatakan pihaknya telah menerima bantuan rehabilitasi toliet tersebut. "Sekolah telah menerima bantuan rehab toilet senilai Rp24 juta untuk 6 kamar kecil," ujarnya. 

Menurut Suwarna, pihak sekolah merasa terbantu adanya pembangunan rehab jamban karena kebutuhan bidang sanitasi bagi peserta didik bisa terpenuhi.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Disdik Kabupaten Indramayu yang telah berupaya keras mengajukan kepada pemerintah, hingga dapat mengabulkan bantuan rehab jamban melalui DAK tahun 2019," pungkasnya. 

Reporter : Rasita
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya PTSL di Desa Curah Tatal Disoal, Diduga Tarik Biaya Tak Sesuai SKB Tiga Menteri
Berita Selanjutnya Tidak Hanya Obral Janji, Ibas Realisasikan Bantuan Karawitan Bagi Seniman Jaranan Thek ISJTP Ponorogo

Komentar Anda