Portal Indonesia
Habibie

Bawaslu Bondowoso Beri Edukasi Politik Partisipatif 

berita terkini
Fricas Abdillah (tengah) saat melakukam sosialisasi di Jambesari
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, BONDOWOSO - Setiap kebijakan yang menyangkut masyarakat merupakan salah satu produk politik. Karena itulah, penting bagi masyarakat untuk memahami bahwa pemilu harus dilakukan untuk melahirkan pemimpin yang membuat kebijakan. 

Hal ini disampaikan oleh Fricas Abdillah, Komisioner Bawaslu Divisi Hukum, di hadapan puluhan masyarakat Desa Jambesari, Kecamatan Jambesari saat mengikuti sosialisasi pengawasan partisipatif pasca pemilu 2019, di kantor balai desa setempat, Rabu (6/11/2019). 

"Kebijakan itu merupakan produk politik. Contohnya politik anggaran, dimana ada persetujuan antara eksekutif dan legislatif. Itulah produk politik, termasuk undang-undang," katanya. 

Diterangkan Fricas, berkaitan dengan hal itu maka Bawaslu berkewajiban memberikan pendidikan politik, khususnya pengawasan partisipatif. 
Dimana pengawasan partisipatif yang paling mendasar adalah menjaga hak suaranya yang hanya satu itu. 

"Karena konstitusi betul-betul melindungi itu. Memastikan bahwa suara itu sesuai pilihannya. Selain itu juga memberikan kesadaran politik bagaimana berharganya suara mereka. Satu suara menentukan lima tahun ke depan," ujarnya.

Edukasi politik ini dilakukan di sekitar 10 desa selama sepekan. Desa-desa yang terpilih merupakan desa yang pada Pemilu sebelumnya masuk kategori rawan kecurangan. 

Dengan begitu, nantinya diharapkan masyarakat di desa tersebut memiliki keberanian untuk menyampaikan kepada pengawas di desa manakala ada kecurangan. 

"Kecamatan yang dipilih adalah yang agak rawan pada Pemilu 2019 kemarin. Dalam tanda petik sering viral. Banyak pengaduan. Ada indikasi bahwa di sana harus diperkuat tentang pemahaman politiknya," urainya. 

Kepala Desa Jambesari Maltup Al Hidayah, mengharapkan agar edukasi pengawasan partisipatif ini bisa bermanfaat bagi masyarakat dalam turut andil demokrasi.

"Ini terima kasih untuk Bawaslu, dan mudah-mudahan bermanfaat untuk masyarakat," pungkasnya.

Reporter : Eko Setia Budi
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Kebakaran Rumah di Kebumen Akibat Gas Bocor, 1 Orang Terluka
Berita Selanjutnya Digeledah Densus 88, Seorang Warga Cilacap Ditangkap

Komentar Anda