Portal Indonesia
Habibie

Puluhan Guru di Kabupaten Purworejo Ikuti Acara Wawasan Kebangsaan

berita terkini
Suasana saat berlangsung acara Wawasan Kebangsaan di gedung SMA 7 Purworejo.
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, PURWOREJO - Komandan Koramil 15 Kodim 0708 Purworejo, Kapten Infanteri Bambang Wahyudi memberikan materi kebangsaan dalam acara Wawasan Kebangsaan, kewaspadaan Nasional serta pendidikan karakter atau jati diri ke masyarakat di Aula SMA Negeri 7 Purworejo, Jawa Tengah, Rabu (6/11/2019).

Dalam kegiatan tersebut diikuti 50 orang Guru dari SD, SMP, SMA atau sederajat yang ada di Kabupaten Purworejo. 

Komandan Koramil 15 yang mewakili Dandim 0708 Purworejo, menyampaikan bahwa untuk menjaga, melindungi kedaulatan negara, keutuhan wilayah NKRI dan keselamatan segenap Bangsa dari segala bentuk ancaman dari dalam maupun dari luar sehingga perlu penguatan jiwa dan semangat serta nilai perjuangan untuk menyongsong tahun emas Indonesia 2045 nanti. 

Dikatakannya, bahwa pembentukan karakter awalnya dari diri pribadi akan menampilkan sikap dan perilaku yang didorong dari dalam sebagai inner power untuk menampilkan dan mewujudkan hal-hal yang terpuji.

"Karakter sebagai penggerak dan sekaligus kemudi yang menentukan pilihan individu dan bangsa. Kenakalan remaja seperti tawuran harus dijauhi, demi menjaga  pentingnya pondasi yang kuat terutama masalah Agama serta hindari pergaulan yang akan merusak generasi muda," tuturnya.


Lebih jauh disampaikannya, persatuan dan kesatuan akan dapat tercapai apabila kita bisa memahami segala perbedaan yang ada, menyadari perbedaan merupakan kodrat Tuhan Yanga Maha Esa serta mensyukuri perbedaan, mari bersatu bersama dalam perbedaan Bhineka Tunggal Ika.

“Jangan pernah lelah berdoa dan berusaha mari bekerja dengan Ikhlas untuk rakyat bangsa dan negara," kata Bambang. 
 
Sementara itu, Kasi Ketahanan Seni Budaya, Agama Ekonomi dan Kemasyarakatan, Gigih Marsudi S.Pd.M.M., mengatakan kegiatan ini adalah pendidikan komunikator jiwa dan semangat perjuangan 45 yang dilaksanakan selama dua hari dan diikuti guru SD, SMP, SMA dan sederajat 

"Semoga dengan segala materi yang sudah didapat para guru bisa menyampaikan kepada anak didiknya yang masih muda, sehingga kedisiplinan mereka akan meningkat, cinta tanah air serta bisa memberikan kontribusi dalam membela negara," ujar Gigih Marsudi.

Reporter : Fauzi
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Puluhan Rumah Warga dan Madrasah Retak Akibat Proyek Bendungan Bener 
Berita Selanjutnya Densus 88 Tangkap Seorang Gembong Teroris di Cilacap

Komentar Anda