Portal Indonesia
Habibie

Ribuan Botol Miras, Tuak dan Ciu Dimusnahkan

berita terkini
Ribuan botol miras dan ribuan liter ciu serta tuak saat akan dimusnahlan
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, PURWOKERTO - Operasi Cipta Kondisi (Cipkon) yang dilakukan jajaran Polres Banyumas selama kurun waktu 1-2 bulan terakhir ini, sedikitnya berhasil mengamankan 3570 botol minuman keras (miras) dari berbagai merek, miras tradisional jenis tuak sebanyak 1493 liter dan ciu 545 liter.

"Miras tersebut kita dapatkan dalam kurun waktu 1 sampai dua bulan lalu, dalam rangka operasi cipta kondisi 2019 di Kabupaten Banyumas", kata Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun SIK Kamis (7/11).

Miras-miras yang disita tersebut kemudian digilas dengan alat berat (slender -red) pada Rabu (6/11) kemarin. Dalam pemusnahan tersebut, dihadiri Ketua DPRD Banyumas, Pengadilan Negeri Purwokerto, Kejaksaan Negeri serta sejumlah elemen masyarakat yang bersama-sama melenparkan botol miras untuk digilas.

Ditambahkan Kapolres, pemusnahan miras ini merupakan tindak lanjut pihaknya terkait Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Banyumas Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pengawasan, Pengendalian dan Penertiban Peredaran Minuman Beralkohol, dimana wilayah Kabupaten Banyumas harus 0 persen alkohol.

Di Banyumas, kata Kapolres, untuk mendapatkan miras sangatlah mudah karena banyak warung dan toko yang menjualnya. Bahkan anak dibawah umur pun bisa membelinya dengan bebas.

"Miras ini juga sumber masalah karena banyak kejahatan atau tindak pidana yang terjadi karena pelakunya mengkonsumsi miras ini", pungkas Kapolres.

Reporter : Trisno
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Polemik Masyarakat Kota Malang Tentang MCC
Berita Selanjutnya Densus 88 Tangkap Seorang Gembong Teroris di Cilacap

Komentar Anda