Portal Indonesia
Habibie

Dewan Pendidikan Gandeng Gusdurian Bondowoso Kampanye Deradikalisasi 

berita terkini
Ketua GusDurian Bondowoso Daris Wibisono Menyampaikan Materi
ad

PORTALINDONESIA.NET, BONDOWOSO - Ancaman radikalisasi yang terus meracuni eksistensi bangsa Indonesia dan fenomena sosial perilaku menyimpang yang jauh dari nilai-nilai karakter bangsa menjadi landasan Dewan Pendidikan Bondowoso menggelar kegiatan bertajuk Dewan Pendidikan Goes to School, Senin, (11/11). 

Dengan menggandeng GusDurian Bondowoso, Dewan Pendidikan Bondowoso menggelar kegiatan kali ini bertempat di SMAN 1 Tenggarang, Bondowoso, dengan tema penguatan pendidikan karakter dan deradikalisasi generasi penerus bangsa.

Pada kegiatan ini, Dewan Pendidikan Bondowoso bersama GusDurian Bondowoso, secara konsisten menyerukan indahnya menikmati keberagaman dan anti radikalisasi dengan 9 Nilai Gus Dur.

Turut serta hadir sebagai pemateri kegiatan selain ketua Dewan Pendidikan Dr. HM. Syaeful Bahar, M.Si adalah Koordinator Jaringan GusDurian Bondowoso Daris Wibisono Setiawan, S.S, M.Pd. Sementara pemateri lainnya dari Gusdurian Bondowoso yaitu Pendeta Martin tidak bisa hadir karena harus mengikuti agenda lain di Jombang. 

Dalam paparannya, Bahar lebih khusus menyampaiakan tentang pentingnya penguatan pendidikan karakter sebagai bekal para generasi muda untuk dapat mencapai mimpinya pada masa depan.

Menurutnya, kegagalan meraih masa depan lebih diakibatkan oleh terbelenggunya para siswa yang melenceng jauh dari nilai-nilai karakter kebangsaan. 

“Jadilah pahlwan masa kini yang sesungguhnya, masa depan gemilang bisa kalian raih dengan sempurna dengan syarat teruslah berperilaku yang berkarakter sehingga bisa berguna dan membahagiakan bagi banyak orang” imbuh Bahar yang disambut tepuk tangan peserta kegiatan.

Sementara itu, Koordinator Jaringan GusDurian Bondowoso Daris Wibisono menyampaikan tentang 9 nilai Gus Dur yang diyakininya apabila dilakukan dengan penuh kesadaran kolektif maka ancaman radikalisasi akan mudah terpental. 

“ 9 Nilai Gus Dur itu adalah ketauhidan, kemanusiaan, keadilan, kesetaraan, pembebasan, kesederhanaan, persaudaraan, keksatriaan, dan kearifan lokal ini ika dicerna dan diimplementasi oleh kita bersama dengan baik maka semua virus radikalisme akan sirna” tegas Daris dengan penuh semangat. 

Kegiatan Dewan Pendidikan Goes To School setelah paparan dari kedua pemateri selesai dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari peserta kegiatan yang merupakan siswa/i SMAN 1 Tenggarang.

Reporter : Chandra
Editor : Abdul Hakim
ad
Berita Sebelumnya Bagian 1, Proyeksi Politik Liberal Dalam Kekuasaan Berbasis Kapital
Berita Selanjutnya Kanwil Kemenag Tangerang Gelar Jalan Sehat Kebangsaan

Komentar Anda