Portal Indonesia
Habibie

Diduga Dipihak Ketigakan, Pelaksanaan Proyek DD di Desa Sumberejo Disoal

berita terkini
Proyek pembangunan jalan aspal di Dusun Sumberejo Utara Desa Sumberejo Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo.
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, SITUBONDO - Proyek pembangunan balai desa dan jalan aspal di Desa Sumberejo Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo, disoal oleh sejumlah warga dan lembaga. Proyek yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2019 di desa tersebut, diduga dipihak ketigakan dalam pengerjaannya.  

Salah satu warga setempat menyampaikan kepada wartawan media ini, bahwa masyarakat punya peran untuk ikut aktif mengawasi proyek baik dari ADD dan DD. 

"Kami selaku masyarakat juga punya peran untuk ikut aktif mengawasi proyek supaya dapat mencegah penyelewengan dana desa dan ADD," ucapnya, Jumat (15/11). 

Disinggung terkait pekerja pada proyek itu, warga itu hanya geleng-geleng kepala sambil berkata: "apakah warga di desa ini tidak ada tukang dan kuli pekerja?"  

"Kalau mengerjakan proyek dari DD di desa saya seperti yang sedang dikerjakan itu, orang awam juga tahu," tandasnya. 

Ia juga mengatakan, dana desa (DD) baik di desa luar maupun di desanya, itu dimanfaatkan untuk mendorong perekonomian dan menyejahterakan masyarakat sehingga manfaatnya dapat dirasakan masyarakat. "Kalau pengerjaan proyek DD itu memberdayakan warga sini yang menganggur, itu lebih baik. Adanya program DD itu kan salah satunya untuk mengurangi pengangguran," imbuhnya. 

Sementara Ketua LSM Buser, Abdul Rahman menyampaikan, bahwa pihaknya telah melakukan pantauan terkait proyek pembangunan balai desa dan jalan aspal di Desa Sumberejo Kecamatan Banyuputih. 

"Hasil temuan dari pantauan selama ini, telah kami dokumentasikan. Temuan dilapangan berikut sepak terjang para pekerja dan dugaan dipihak ketigakan dalam pelaksanaan proyek, siap kita laporkan ke aparat penegak hukum (APH) di Kabupaten Situbondo," tegas Rahman

Pj Kades Sumberejo, Yogie Kripsian Sah, saat dikonfirmasi terkait pelaksanaan proyek pembangunan balai desa dan jalan aspal, mengatakan bahwa dirinya akan menanyakan hal tersebut ke pelaksana, perangkat desa.  

"Oke nanti saya coba tanyakan ke pelaksana, ke kaur saya. Sebab saya jarang datang dan turun langsung memantau ke tempat. Mohon bantuannya ikut memantau, serta jika ada sesuatu tolong dilaporkan ke saya. Makasih atas kerjasamanya" kata Yogie saat dikonfirmasi lewat seluler.

Reporter : Abdul Azis
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Menghadapi Musim Hujan, Personel Polres Kebumen ikuti Apel Kesiapsiagaan
Berita Selanjutnya Semarak Festival Buah Durian di Kecamatan Bruno Purworejo 

Komentar Anda