Portal Indonesia
Habibie

H. Tugino: Paguyuban Banyumasan di Jayapura Digagas Sejak 1972

berita terkini
Peserta pertemuan paguyuban Banyumasan di Jayapura, kenakan baju lurik (pakaian khas warga Banyumas)
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, JAYAPURA - Paguyuban warga Banyumasan yang berdomisili di wilayah Jayapura, Kabupaten Jayapura Kabupaten Keerom dan wilayah sekitarnya menggelar pertemuan rutin Minggu (17-11-2019). Acara yang berlangsung sangat meriah ini, bertempat di Perumahan Nasional (Perumnas) 1 No 08 Waena Jayapura. 

Dalam sambutanya H Tugino sebagai sesepuh paguyuban menceritakan perkumpulan warga Banyumasam hakekatnya sudah dirintis sejak tahun 1972.

"Seiring waktu dan dengan penataan yang baik, alhamdulilah paguyuban Guyubanyuwijaya secara resmi sudah memasukin pertemuan bulanan ke 50. Kedepannya saya minta warga Ngapak di Papua dan khususnya di Jayapura untuk selalu kompak dan melestarikan budaya Banyumasan," kata H. Tugino. 

Sebagai siraman rohani Ustad Samsun Faaza juga mengajak untuk warga paguyuban wilayah Jayapura selalu memanjatkan puji sukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa juga memperbanyak ibadah dan menjalin tali silaturami.  

Mewakili Ketua Umum Paguyuban Giri Wijayantoro dan selaku Ketua harian Triono Basuki mengingatkan kembali kesadaran warga banyumasan di wilayah Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Keerom tentang pentingnya kehadiran paguyuban sebagai perwujudan rasa kebersamaan, persaudaraan, toleransi dan kecintaan akan budaya daerahnya.  

"Kita juga harus selalu menjalin komunikasi yang baik dengan Pemerintah daerah ,masyarakat adat setempat dan lainnya yang berada di tanah papua agar terjalin sinergi yang positif guna membangun Papua ke arah yang lebih baik seperti pepatah mengatakan dimana bumi di pijak, di situ langgit dijunjung,"pungkasnya. 

Setelah istirahat shalat Duhur, ratusan warga Banyumasan yang dulu berasal dari wilayah Kabupaten Kebumen, Banyumas, Purbalinga, Purwokerto, Banjarnegara, Cilacap, Pemalang, Tegal, dan Wonosobo, kompak melanjutkan acara serba serbi yang diantaranya pemberian dorprise bagi anggota yang hadir dan pemberian secara simbolis bantuan sejumlah uang untuk pembangunan masjid untuk di wilayah Kabupaten Kebumen Jawa Tenggah

Reporter : Qistiyanto
Editor : -
ad
Berita Sebelumnya Merti Desa Wayangan di Lokasi Situs Banyuurip Purworejo
Berita Selanjutnya Desa Riung Kembangkan Tenun Ikat

Komentar Anda