Portal Indonesia
Habibie

Pentingnya LBH Sebagai Pengetahuan dan Perlindungan Masyarakat Tentang Hukum 

berita terkini
Ketua Harian LBH Cakra, Gus Ari.
ad

PORTALINDONESIA.NET, SITUBONDO - Kesadaran masyarakat Indonesia khususnya diwilayah pedesaan dan pedalaman banyak yang masih tertinggal dari informasi dan edukasi tentang Hukum, baik Hukum Pidana dan Hukum Perdata. 

Dampak kurangnya sosialisasi tentang Hukum, sebagian besar masyarakat di pedesaan dan pedalaman, hanya mengetahui hukum yang berlaku di Negeri ini masih bersifat umum umum saja. Bahkan, tidak sedikit masyarakat awam selalu menjadi korban dari para oknum oknum yang memanfaatkan ketidak pahaman masyarakat tentang aturan dan proses Hukum yang sebenarnya. 

Demikian diutarakan Gus Ari selaku Ketua Pelaksana Harian Lembaga Bantuan Hukum Cahaya Keadilan Rakyat (LBH Cakra) kepada Portal Indonesia, Sabtu (30/11/2019( malam. 

Menurut Gus Ari, adanya pemerintahan desa dan pihak TNI dan Kepolisian seperti Bhabinkamtibmas dan Babinsa, belum secara optimal membuat masyarakat mengerti dan paham tentang aturan Hukum dan proses Hukum bila mereka tersangkut adanya pelanggaran hukum. "Sehingga banyak masyarakat yang tidak sadar, bahwa aktivitasnya dianggap melanggar aturan dan Hukum yang berlaku," katanya. 

Masih menurut Gus Ari, pentingnya peranan LBH yang banyak melibatkan para aktivis dan praktisi hukum serta masyarakat dalam melaksanakan pendampingan di masyarakat dan sosialisasi masyarakat tentang pengetahuan Hukum secara langsung, tentu akan banyak membantu agar Aturan dan Hukum yang telah dijalankan di Republik ini juga bisa diketahui dan dipahami oleh seluruh lapisan masyarakat. 

"Out put-nya agar Hukum yang ada, tak hanya menjadi cerita dan kajian para elit hukum saja. Tapi setidaknya masyarakat juga bisa memahami dan tahu akan pentingnya Aturan dan Hukum yang ada, dan masyarakat bisa lebih berhati hati serta tak lagi melakukan tindakan yang diluar Aturan dan Hukum yang berlaku," ujarnya. 

Saat ini, kata Gus Ari, LBH Cakra telah hadir di tengah - tengah masyarakat. "LBH Cakra ini, dapat membantu masyarakat yang membutuhkan pendampingan Hukum, baik Hukum Pidana dan Perdata, Sosial, Hak Asasi Manusia (HAM) dan hukum hukum lainnya," ucap Gus Ari 

Lebih lanjut, Gus Ari mengatakan, bagi masyarakat yang membutuhkan pendampingan ini, dapat melakukan pengaduan kepada LBH Cakra. Bila memang perlu bisa ditindak lanjuti sampai pada proses hukum di pengadilan, keberadaan LBH Cakra bagi masyarakat juga punya peranan andil untuk memberikan pengetahuan/edukasi Hukum. "LBH Cakra juga dapat menjadi mediator/penengah sebuah perkara dan konflik di masyarakat yang berkaitan dengan keadilan dan kebenaran agar bisa diselesaikan secara musyawarah mufakat hingga sampai proses penegakan Hukum di Pengadilan," katanya. 

Kata Gus Ari, disamping sebagai pendamping masyarakat dalam perlindungan Hukum, LBH Cakra juga akan selalu berkordinasi dengan seluruh Aparatur Pemerintah dan lain lain.

"Sebagai wadah masyarakat, LBH Cakra juga punya peranan penting dalam hal sosial control masyarakat, baik yang berkaitan dengan kebijakan para penyelenggara Negara, pengalokasian Dana Negara serta Perlindungan HAM, agar tercipta suatu keadilan dan kebenaran demi terciptanya Negara yang bersih serta masyarakat sejahtera yang berkeadilan," jelasnya.

Sebagai ketua pelaksana harian LBH Cakra, Gus Ari, kepada Portal Indonesia menyatakan bahwa dirinya akan terus melakukan koordinasi dengan seluruh pihak pihak terkait, guna bisa menjalankan program program LBH Cakra dengan baik. 

"Kami juga mohon dukungan kepada semua pihak dengan adanya LBH Cakra di tengah tengah masyarakat khususnya diawali dari Kabupaten Situbondo ini, agar kedepan masyarakat tak perlu lagi bingung kemana mereka akan mengadu dan butuh pendamping hukum. Kami siap, dan kami juga telah banyak bekerja sama dengan para praktisi Hukum dan Advokasi dari seluruh profesi, dan insyaAllah mereka siap menjadi Pendamping Hukum serta Kuasa Hukum bila memang dibutuhkan", beber Gus Ari. 

Gus Ari menambahkan, dengan hadirnya LBH Cakra, kedepannya banyak harapan yang dapat dbantu untuk masyarakat. "Keberadaan LBH Cakra ini semoga menjadi cahaya baru dalam organisasi masyarakat yang bisa mendampingi dan memberikan rasa keadilan masyarakat serta juga tajam dan obyektif dalam pengungkapan dugaan penyimpangan serta Korupsi baik kebijakan dan pembangunan demi Tanah Air Indonesia kita," pungkasnya.

Reporter : Muhidin
Editor : Abdul Hakim
ad
Berita Sebelumnya Pesan Gubernur Jatim Saat Muskerwil PWNU Jatim di Ponpes Nurul Jadid Paiton
Berita Selanjutnya Ibas Ingatkan Anak Muda Magetan Tidak Produksi Hoax

Komentar Anda