Portal Indonesia
Habibie

Tuangkan Bensin ke Ember Disambar Api, 3 Rumah di Situbondo Dilalap Api

berita terkini
Para petugas saat di lokasi kebakaran di Dusun Semiring Selatan, Desa Semiring, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo.
ad

PORTALIDONESIA.NET, SITUBONDO - Api tungku sambar BBM premium yang sedang dituangkan dari jerigen ke ember, beberapa rumah di Dusun Semiring Selatan RT 02 RW 01, Desa Semiring, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo, dilalap si jago merah, Minggu (1/12/2019) sekitar pukul 09.00 WIB. 

Akibat musibah tersebut, 3 rumah semi permanen milik Iwan Laksono (31), Saleh (52) dan Sutina (64) mengalami kerusakan dengan kerugian total materil mencapai puluhan juta rupiah. 

Menurut informasi dihimpun portalindonesia.net menyebutkan, bahwa sebelum peristiwa itu terjadi, salah satu pemilik rumah, Iwan, bermaksud sedang menuang BBM jenis premium dari jerigen ke ember untuk keperluan mengisi mesin  pompa air di sawah. 

Namun saat menuangkan BBM tersebut, mendadak api dari tungku yang posisinya berdekatan langsung menyambar, sehingga jerigen tersebut meledak dan api merembet ke kulkas, kemudian api membesar merembet ke bagian rumahnya. 

Melihat kobaran api yang membesar, lwan panik berusaha menyelamatkan diri lari keluar rumah dan meminta pertolongan kepada warga sekitar. 

Dengan sigap dan cepat, warga memadamkan api dengan peralatan seadanya, karena angin kencang sehingga api dengan cepat merembet ke rumah didekatnya (tatangganya). berselang beberapa menit kemudian 3 unit Damkar tiba di lokasi untuk memadamkan api agar tidak merembet ke area lainnya. 

"Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 09.30 WIB," ungkap Puriyono, Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo.  

Dampak dari kebarakan itu, rumah milik Iwan rusak berat dengan kerugian ditaksir sekitar Rp 15 juta, rumah milik Saleh rusak ringan dengan kerugian ditaksir sekitar Rp 8 juta, dan rumah milik Sutinah rusak ringan dengan kerugian ditaksir sekitar Rp 5 juta. 

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut," beber Puriyono. 

Reporter : Tim
Editor : Abdul Hakim
ad
Berita Sebelumnya Baturraden Dataran Tinggi Terpopuler Ke 2 di Indonesia
Berita Selanjutnya Ibas Ingatkan Anak Muda Magetan Tidak Produksi Hoax

Komentar Anda