Portal Indonesia
Habibie

Kuwu Desa Kongsi Jaya: Awak Media Sebagai Alat Penghubung Informasi  

berita terkini
Kuwu Desa Kongsi Jaya, H. Sutarjo.
ad

PORTALINDONESIA.NET, INDRANAYU - Pemerintah Desa Kongsi Jaya Kecamatan Widasari Kabupaten Indramayu Jawa Barat, salah satu desa yang sangat baik menjalin kemitraan dengan awak media baik cetak maupun media elektronik.Karena media merupakan alat penghubung informasi antara Pemdes dengan masyarakatnya.

Kuwu Desa Kongsi Jaya, H.Sutarjo mengatakan media cetak maupun media elektronik merupakan alat penghubung pemerintah desa dengan masyarakat. 

"Media sangat penting untuk menjalin kemitraan dengan pemdes maupun instansi sebagai informasi tentang pembangunan desa,juga sebagai alat sosial kontrol bagi pemdes atau instansi untuk pengingat agar informasi disampaikan kepada masyarakat luas bisa bermanfaat secara langsung," kata H.Sutarjo saat dijumpai wartawan di kantornya, Senin (2/12/2019)

Menurutnya, kuwu seharusnya tidak perlu alergi dengan wartawan terkait konfirmasi dan klarifikasi yang ditanyakan oleh wartawan, tinggal bagaimana seorang kuwu bisa menyampaikan informasi secara baik terhadap awak media.

"Namun, juga perlu dipahami,tidak semua karakter kuwu sama tergantung pribadi masing-masing kuwu," ujarnya.

Masih menurut H. Sutarjo, awak media pun harus bisa menempatkan sebagai posisinya sebagai penyampai informasi dan kontrol sosial dan wartawan saat konfirmasi harus dengan tupoksinya. Misalkan Pemdes mendapat program irigasi desa (irdes), maka wartawan mencari informasi harus disampaian kepada Kelompok Tani sebagai pelaksana kegiatan bukan langsung menjatuhkan kuwu, meski kuwu mengetahui karena pengajuan program rekomendasi dari kuwu. 

"Itu sekedar masukan kepada awak media jika ada dugaan penyimpangan program irdes. Silahka telusuri di lapangan kegiatan pekerjaan irdes dan konfirmasi dengan poktannya sehingga tupoksi seorang wartawan dapat menjalankan dengan baik," tutupnya.

Reporter : Rasita
Editor : Abdul Hakim
ad
Berita Sebelumnya Buper Punthuk Jadi Heroes Park, Tiap Minggu Ada Pramuka
Berita Selanjutnya Kanwil Kemenag Tangerang Gelar Jalan Sehat Kebangsaan

Komentar Anda