Portal Indonesia
Habibie

Camat Jatibarang Sosialisasikan BUMDes di Desa Lobener

berita terkini
Camat Jatibarang Indra Wijaya Mulyana (kedua dari kanan) saat memberikan sosialisasi BUMDes di Desa Lobener. (Foto : Rasita/Portal Indonesia)
ad

PORTALINDONESIA.NET, INDRAMAYU - Dalam rangka meningkatkan potensi desa, Camat Jatibarang Indra Wijaya Mulyana AP, MSi menggelar Sosialisasi BUMDes di Desa Lobener, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Jabar, Jumat (29/11). Acara dihadiri Camat Jatibarang, Kuwu Desa Lobener, Pengurus BPD, Ketua RT/RW serta tokoh masyarakat.

Indra Wijaya memaparkan, tujuan didirikannya BUMDes adalah untuk meningkatkan usaha ekonomi desa dalam menggali potensi desa, membuka lapangan pekerjaan, meningkatkan pendapatan asli desa dan menciptakan peluang pangsa pasar yang disesuaikan dengan kebutuhan pelayanan masyarakat.

BUMDes kata Indra, merupakan usaha ekonomi masyarakat yang di fasilitasi oleh Pemdes melalui lembaga desa untuk meningkatkan kesejahteraan di lingkungan masyarakat. Organisasi BUMDes terpisah dengan Pemdes. BUMDes harus dibentuk pengurus, yaitu penasehat berasal dari Kuwu, pengawas dari unsur masyarakat atau BPD dan ketua, bendahara serta sekretaris.

Di Kecamatan Jatibarang sendiri, desa yang sudah ada peningkatan mengelola BUMDes yakni Desa Bulak Lor (penyewaan kios), Desa Jatisawit (penyewaan tenda) dan Desa Malangsemirang (ternak sapi).

Kuwu Desa Lobener Sutarmo mengatakan, pihaknya sangat berterimakasih kepada Camat Jatibarang yang telah datang memberikan sosialisasi BUMDes di Desa Lobener. Ia menargetkan pengelolaan BUMDes di Lobener kedepan harus lebih baik dan tak ada lagi kesalahpahaman dengan masyarakat. 

 

Reporter : Rasita
Editor : Sutrisno
ad
Berita Sebelumnya Kuwu Desa Kongsi Jaya: Awak Media Sebagai Alat Penghubung Informasi  
Berita Selanjutnya Ibas Ingatkan Anak Muda Magetan Tidak Produksi Hoax

Komentar Anda