Portal Indonesia
Habibie

Polda Papua Tolak OPM Rayakan Hari Ulang Tahun 

berita terkini
Organisasi Papua Merdeka. (Photo: Istimewa)
ad

PORTALINDONESIA.NET, JAYAPURA - Sudah bukan menjadi rahasia lagi, di Jayapura umumnya di Provinsi Papua bahwa tangal 1 Desember adalah hari ulang tahun OPM (Organisasi Papua Merdeka). Meski sebelum masuk bulan Desember sudah banyak informasi yang bersifat provokasi dan ajakan ajakan untuk melakukan asksi guna memperingati hari ulang tahun Papua Merdeka, namun dari pantauan jurnalis Portal Indonesia Biro Papua, Senin (02/12/2019), situasi di Papua khususnya di Jayapura kondusif .

Aktifitas masyarakat berjalan normal seperti biasa, kantor kantor pemerintah juga buka dan melayani masyarakat dengan baik, sekolah sekolah pun masuk seperti hari biasa dalam proses belajar mengajar. 

Menurut Josuwa seorang tokoh masyarakat Papua yang di temui saat beraktivitas jual beli di pertokoan Abepura menyampaikan tadi syukurnya.

"Puji Tuhan menjelang dan sesudah hari ulang tahun OPM situasi amam terkendali ini berkat kita orang sudah sedikit pintar tidak mau termakan isu hoax dan ajakan provokasi," ungkapnya. 

Terpisah, Mince Solubus menuturkan bahwa Papua aman berkat pengamanan personil Polri, Brimob, dan TNI.

"Berkat pengamanan bapak bapak dari Polri, Brimob dan TNI, maka Papua aman dan saya pada tanggal 1 Desember tetap dapat ibadah ke gereja tanpa rasa takut dan was was," ungkap Mince Solubus saat ditemui wartawan media ini di Jalan Sentani di depan Istora Gelora Papua Bangkit. 

Sebelumnya, Minggu (1/12), Kapolda Papua Irjen Polisi Waterpauw memastikan tak ada perayaan apa pun yang dilakukan pihak OPM. Menurutnya, ada pihak dari OPM yang meminta izin untuk melakukan ibadah dan melakukan perayaan. Namun pihaknya tidak mengizinkan karena bertentangan. 

"Mereka kemarin ada beberapa orang datang dan minta izin untuk melakukan ibadah dan perayaan lain sebagainya. Tapi pada prinsipnya kita, kalau mereka tunduk dan taat pada asas, yaitu mengakui pancasila UUD 1945, kita izinkan," kata Kapolda Papua saat di temui awak media. 

Reporter : Qistiyanto
Editor : Abdul Hakim
ad
Berita Sebelumnya Camat Jatibarang Sosialisasikan BUMDes di Desa Lobener
Berita Selanjutnya Ibas Ingatkan Anak Muda Magetan Tidak Produksi Hoax

Komentar Anda