Portal Indonesia
Habibie

Kisruh Pilkades Katela, AMK Demo Panitia Kabupaten 

berita terkini
Aliansi Masyarakat Katela saat berunjuk rasa di depan Kantor Bupati Mubar.
ad

PORTALINDONESIA.NET, MUNA BARAT - Aliansi Masyarakat Katela, Desa Katela, Kecamatan Tiworo Kepulauan, Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) berunjuk rasa di depan Kantor Bupati Mubar. Mereka menuntut agar Panitia Kabupaten Pilkades di Mubar agar membatalkan Ahmad Rera sebagai Calon Kepala Desa (Cakades) Katela.

(Aktivis Aliansi Masyarakat Katela, Muhamad Arifudin)

Kordinator Aksi, La Ode Rafiudin mengatakan Cakades Katela, Ahmad Rera harus dibatalkan pencalonannya. Pasalnya, administrasi pencalonan yang bersangkutan diduga cacat.

"Administrasi yang kami protes adalah ijazahnya. Kami menduga ijazah Ahmad Rera palsu. Kita meminta kepada Panitia Kabupaten Pilkades Mubar membatalkan pencalonannya, karena berkas pencalonan Ahmad Rera bertentangan dengan sejumlah aturan," ungkap Rafiudin saat berorasi di depan Kantor Bupati Mubar, Senin (02/12/19).

Tak lama berorasi, para demonstran langsung difasilitasi untuk bertemu dengan Panitia Kabupaten Pilkades yang bertempat di Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Mubar (depan kantor Bupati Mubar). 

Menurut Rafiudin pertemuan dengan pihak panitia kabupaten tak membuahkan hasil. 

"Panitia tetap bersikukuh pada keputusannya.  Karena itu bagian dari hak politik. Terkait ini pihaknya juga akan menyampaikan masalah ini kepada DPRD Mubar," ujarnya. 

Kata dia dugaan ijazah palsu Cakades Ahmad Rera ini akan dilaporkan kepada Kepolisian Resort (Polres) Muna.

"Setelah dari DPRD Mubar kita langsung melapor ke Polres Muna," imbuhnya. 

Sementara itu salah satu Panitia yang juga Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Mubar, La Ode Andi Muna saat dikonfirmasi tentang hasil pertemuan dengan para demonstran enggan memberi komentar. 

"Nanti saja ya," singkatnya.

Sekedar diketahui demo Aliansi Masyarakat Katela ini dipicu adanya keputusan Panitia Kabupaten Pilkades Mubar yang meloloskan Ahmad Rera sebagai Cakades Katela. Padahal sebelumnya Ahmad Rera sudah dinyatakan tidak lolos Cakades oleh panitia tingkat desa. Namun karena ada rekomendasi dari panitia kabupaten tersebut Ahmad Rera ditetapkan jadi Cakades Katela periode 2020 - 2026.

Reporter : La Ode Biku
Editor : Abdul Hakim
ad
Berita Sebelumnya Tuntut Kuwu Tinumpuk Mundur, Warga di Indramayu Gelar Aksi Demo Susulan 
Berita Selanjutnya Ibas Ingatkan Anak Muda Magetan Tidak Produksi Hoax

Komentar Anda