Portal Indonesia
Habibie

Kodam XVIII/Kasuari Ikuti Vidcon Bersama Mabesad

berita terkini
Saat Konferensi Video, Rapat Evaluasi Progjagar Kotama/Balakpus TNI AD Tahun 2019, di ruang Puskodalopsdam XVIII/Kasuari Lantai II, Makodam XVIII/Kasuari, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat.
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, MANOKWARI - Kodam XVIII/Kasuari mengikuti Video Conference/Vidcon (Konferensi Video) Rapat Evaluasi Program Kerja dan Anggaran (Progjagar) Kotama/Balakpus TNI AD Tahun 2019, yang dipimpin Wakil Asisten Perencanaan dan Anggaran (Waasrena) Kasad, Brigjen TNI Heru Sudarminto, S.I.P., M.Sc. yang didampingi Staf dari Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Kamis (12/12/2019) di ruang Puskodalopsdam XVIII/Kasuari Lantai II, Makodam XVIII/Kasuari, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat.

Dalam rapat evaluasi Progjagar Kotama/Balakpus TNI AD dalam bentuk Vidcon ini, selain Kodam XVIII/Kasuari juga diikuti oleh 17 Kotama lainnya di jajaran TNI AD.

Membacakan amanat tertulis Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kasad Mayjen TNI Hassanudin, S.I.P., M.M., Waasrena mengatakan bahwa akuntabilitas menjadi salah satu azas umum dalam mewujudkan penyelenggaraan negara yang Good and Clean Governance.  Akuntabilitas itu sendiri merupakan bentuk pertanggungjawaban atas pelaksanaan program dan anggaran negara, dalam mewujudkan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan dalam struktur organisasi.

Hal yang menjadi titik berat sekaligus tantangan dalam mewujudkan akuntabilitas, kata Asrena Kasad adalah bagaimana merubah mindset dan countershet tentang penyelenggaraan birokrasi, yang semula berorientasi hanya bersifat _output_ menjadi kinerja dan tidak semata-mata bagaimana menghabiskan anggaran namun bagaimana anggaran itu dapat berdampak secara maksimal kepada TNI Angkatan Darat.

Sejalan dengan hal tersebut, Presiden RI Joko Widodo dalam penyampaian Pidato Kepresidenan pertamanya menyampaikan bahwa jangan lagi kerja kita berorientasi pada proses, tetapi harus berorientasi pada hasil-hasil yang nyata.

“Berdasarkan laporan Pengendalian Program dan Anggaran Semester II Tahun Anggaran 2019, masih ditemukan pelaksanaan kegiatan pengadaan materiil, pemeliharaan bangunan, maupun pengembangan fasilitas yang menunjukkan presentasi kemajuan fisik dan administrasi yang rendah, sehingga akan kembali berpotensi menjadi lintas tahun,’’ ungkap Asrena Kasad.

Sasaran kegiatan yang hendak dicapai melalui rapat evaluasi ini adalah terukurnya pencapaian sasaran pelaksanaan Progjagar dan tingkat kemajuan fisik serta administrasi terhadap penyerapan anggaran dan dana, pengendalian terhadap kegiatan lintas tahun, dan penyelenggaraan gaji dan Tunjangan Kinerja (Tunkin) di jajaran organisasi TNI AD.

Selain itu, terselesaikannya setiap permasalahan yang dihadapi oleh setiap Kotama/Balakpus, sehingga menghasilkan langkah antisipasi yang tepat dalam rangka mewujudkan kinerja yang lebih baik.

"Atas dasar tersebut, diharapkan dapat menjadikan komitmen kita bersama dalam meningkatkan kinerja satuan serta mengeliminasi kesalahan pada pelaksanaan Progjagar TA. 2020," kata Asrena Mayjen Hassanudin.

Dalam Vidcon yang bertema "Progjagar Kodam XVIII/Kasuari Selaku Komando Utama Pembinaan TNI AD” tersebut, pelaksana Vicon dari Kodam XVIII/Kasuari, yakni Asisten Perencanaan Kodam (Asrendam) XVIII/Kasuari Kolonel Chb JF. Sianipar memaparkan Progjagar Kodam XVIII/Kasuari untuk memberikan gambaran tentang pelaksanaan Progjagar Kodam XVIII/Kasuari TA. 2019, sebagai bahan masukan bagi Komando Atas dalam mengambil langkah-langkan kebijakan lebih lanjut.

Dalam Vidcon, Asrendam XVIII/Kasuari didampingi Kazidam, Kakudam, Kainfolahtadam, Perwira Keuangan (Paku) Makodam XVIII/Kasuari, dan Perwira staf terkait.

Reporter : Tim
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Disinfolahtad Serahkan Pembangunan Sisfo Kodam XVIII/Kasuari
Berita Selanjutnya Personil BPBD Jatim Bersama Relawan Bersihkan Sampah di Kali Buntung

Komentar Anda