Portal Indonesia
Habibie

Jauhkan Masyarakat dari Jerat Rentenir, Garda Pancasila Klojen Dirikan KUB 

berita terkini
Garda Pancasila Kecamatan klojen, Kota Malang foto bersama setelah pembagian SHU.
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, KOTA MALANG - Banyaknya masyarakat yang terjerat oleh pinjaman dengan bunga tinggi (rentenir). Garda Pancasila sebagai organisasi masyarakat (ormas) mempunyai program pengentasan dari jerat rentenir. Seperti apa yang dilakukan Garda Pancasila Kecamatan Klojen, Kota Malang, yang mendirikan Kelompok Usaha Bersama (KUB) yang bernama "Mandiri" yang saat ini sudah berjalan selama 5 tahun. (29-12-2019)

Menurut Hendro Basuki selaku Ketua Garda Pancasila Kecamatan Klojen, menuturkan KUB Mandiri saat ini sudah mempunyai anggota aktif sebanyak 75 orang, pertemuan KUB di selenggarakan rutin sebulan sekali. Dimana setiap pertemuan ada kegiatan simpan pinjam dengan bunga yang sangat ringan dan tempo angsuran yang flexibel, sehingga anggota tidak akan merasa terbebani oleh bunga pinjaman tersebut. 

"Sebetulnya KUB Mandiri hanya sebagai salah satu program pengentasan kemiskinan bagi anggota Garda Pancasila. Tujuan utama pertemuan rutin ini adalah menjalin tali sirahturahmi dan menjaga kesolidtan antar anggota. Untuk pertemuan akhir tahun ini agendanya adalah pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU), dimana SHU sendiri berasal dari pinjaman, iuran wajib serta tabungan dari setiap anggota", ungkapnya.

Haridjanto salah satu anggota Garda Pancasila dan KUB Mandiri mengungkapkan terkait manfaat yang diperoleh setelah mengikuti kegiatan ormas Garda Pancasila. 

"Setelah ikuti ormas ini saya mendapat banyak manfaat, baik saling jalin tali silahturahmi sampai bisa dapatkan pinjaman modal usaha yang bunga pinjamannya sangat ringan sehingga say merasa tidak terbebani dalam mengangsur pinjaman tersebut", ungkapnya. (ADV)

Reporter : Junaedi
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya RAPI Kota Malang Bantu Pam Libur Nataru
Berita Selanjutnya Semarak Festival Buah Durian di Kecamatan Bruno Purworejo 

Komentar Anda